Berita

Rasyid: Perhatikan Lima Hubungan Dalam Mengelola Pendidikan RA

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas Jakut) --- Kepala Kankemenag Kota Jakarta Utara, A.Rasyid H.Usman menutup kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi bagi guru Madrasah Tingkat RA dilingkungan Kota Jakarta Utara. Jumat (28/02).

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hasil kegiatan ini harus diimplementasikan pada masyarakat khususnya anak didik dengan memperhatikan lima hubungan penting dalam mengelola pendidikan.

“Sebagai Kepala RA bertanggung jawab untuk mengajak anak didiknya memperhatikan lima hubungan, yaitu memperhatikan hubungan dengan alam sekitar, hubungan manusia kepada Allah SWT, hubungan manusia dengan kehidupan, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan yang terakhir adalah hubungan antar sesama,” ujar Rasyid.

Rasyid menambahkan, kelima hubungan ini saling terkait satu dengan yang lain. Untuk itu, setiap Kepala RA yang sudah dibekali dengan berbagai kompetensi dalam kegiatan Bimtek ini berkewajiban mengimplementasikannya kepada anak didik masing-masing.

“Kepala RA juga harus mampu menyikapi dan menjelaskan dengan arif gejala alam atau musibah banjir yang kerap terjadi belakangan ini kepada anak didiknya. Ajak mereka agar mengerti dan mampu mencintai alam sekitar dengan baik di samping menjaga hubungan baik kepada Tuhan dan sesama,” tandas dia

Sedangkan Nur Aziizah selaku Ketua PD. IGRA Jakarta Utara berharap moment kebersamaan yang terjalin saat Bimtek berlangsung hendaknya dapat terulang bahkan terjalin lebih harmonis lagi. “Kami pelaksana Bimtek berterima kasih kepada seluruh peserta, semoga tidak hanya wawasannya yang bertambah, tapi kebersamaannya pun dapat kita jaga di kesempatan berikutnya,” kata dia dihadapan 152 Kepala RA.

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 malam 3 hari, peserta mendapat bimbingan Penguatan Kompetensi antara  lain; Pengelolaan Sumber Daya Madrasah, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Kepemimpinan Kewirausahaan dari para praktisi pendidikan seperti BDK Prov. DKI Jakarta dan Profesional lainnya. /Z/A

Terkait