Berita

Pramuka Miliki Peran Penting Mencetak Generasi Unggul Berjiwa Nasionalisme dan Kesadaran Sosial

Sabtu, 16 Desember 2023
blog

Perkemahan Jumat, Sabtu dan Ahad (Perjusad) Ke-2 Pramuka Golongan Penggalang Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Jakarta Timur

Jakarta (Humas) – Pramuka memiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air serta memiliki kesadaran sosial.

 

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar saat menyampaikan sejumlah harapan dan pesan kepada anggota pramuka Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Jakarta Timur. Harapan dan pesan tersebut disampaikan KaKanwil saat membuka secara resmi Perkemahan Jumat, Sabtu dan Ahad (Perjusad) Ke-2 Pramuka Golongan Penggalang Madrasah Ibtidaiyah, Jumat (15/12/2023).

 

 

Dalam sambutannya, KaKanwil mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, “Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, ini merupakan salah satu program unggulan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kota Jakarta Timur dalam memberikan manfaat bagi generasi muda yang ingin berkembang, berkarya, dan menempa diri.” ujar KaKanwil.

 

Menurut KaKanwil, kegiatan ini juga sebagai momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

 

Perjusad ini dilaksanakan mulai Jumat, 15 Desember 2023 sampai dengan Minggu, 17 Desember 2023 dengan menghadirkan peserta sebanyak 1.870 siswa MI yang terdiri dari 87 Regu Putra, dan 100 Regu Putri.

 

Pada pelaksanaan Perjusad kali ini, Kecamatan Cakung Barat dan Cakung Timur paling banyak mengutus peserta dengan jumlah kontingen sebanyak 560 orang.


Disamping kegiatan perkemahan, Perjusad ini juga diisi dengan lomba prestasi keagamaan, diantaranya Lomba keterampilan baris-berbaris dengan tongkat (LKBBT); lomba pionering (tali temali); lomba semaphore; lomba tapak kemah; lomba pentas seni budaya nusantara; musabaqoh hifdzil Qur'an (MHQ); dan lomba pidato.

  • Tags:  

Terkait