Berita

Pramuka MAN 20 Jakarta Juara 1 dalam Festival Pionering Penegak Tangguh 2018

Ahad, 23 Desember 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 20 Jaktim) --- Pramuka MAN 20 Jakarta Timur akhirnya meraih juara 1 dalam Festival Pionering Penegak Tangguh Nasional yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, 20 – 23 Desemeber 2018.

Dalam festival ini, tim Pramuka MAN 20 Jakarta Timur mengalahkan ratusan peserta Pramuka Penegak dari Kwarcab Jakarta timur, Kwarcab Kota Depok dan Kwarcab Kota Bekasi. Akhirnya, Pramuka MAN 20 Jakarta Timur berhasil menyabet 2 kejuaraan. Juara 1 Putri dalam lomba Miniatur Pionering dan Juara 3 Putra dalam lomba Miniatur Pionering.

Hasan Basri, S.Pd selaku Pembina Pramuka mengatakan bahwa pionering merupakan jenis keterampilan yang paling banyak dilombakan. Lomba ini mengasah keterampilan Pramuka menggunakan tali dan kayu/bambu untuk membuat desain bangunan yang kokoh dan kuat. Atas dasar itulah, ia merasa yakin Pramuka MAN 20 Jakarta Timur akan menjadi juara dalam festival pionering tahun ini.

“ Selaku pembina, saya turut bangga atas prestasi dan kerja keras tim Pramuka MAN 20 Jakarta. Festival Pionering sebenarnya bukan hanya sekedar mengasah keterampilan fisik semata, tapi juga keterampilan intelektual, emosional dan juga sosial. Dan mereka membuktikan hal itu ” ucapnya bangga.

Menurut Muhammad Chaidar ( kelas X – MIPA2),  peserta juara lomba putra. Ia seolah tak kuasa menyembunyikan rasa bangga atas kemenangan timnya. “Lewat lomba pionering, saya belajar makna solidaritas, goyong royong dan ketekunan,” ungkapnya.  ( Firmansyah )

Terkait