Berita

PMR MAN 1 Jakarta Gelar Aksi Donor Darah untuk Kemanusiaan

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 1) --- Palang Merah Remaja MAN 1 Jakarta menyelenggarakan aksi donor darah yang digelar diaula madrasah untuk para sukarelawan. Acara ini didukung oleh palang merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat dan diikuti juga oleh beberapa guru dan beberapa siswa/siswi serta sukarelawan dari masyarakat. Jumat (08/03).

Aksi donor darah dilaksanakan pada jam 08.00 s/d 11.30. ”Pelayanan yang diberikan cukup dan saya harap kegiatan ini berjalan terus ditahun berikutnya”ujar rasmini selaku sukarelawan.

Darah yang diperoleh dari aksi donor darah ini nantinya akan disimpan di bank darah sebagai stok darah yang kemudian digunakan untuk tranfusi darah bagi mereka yang membutuhkan.

"Manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima darah saja ,melainkan juga oleh pendonor," ujar salah satu panitia.

Setiap sukarelawan yang ingin mendonorkan darahnya diharuskan berusia 17 tahun ke-atas karena sudah dianggap usia yang matang, adapun penanganan untuk sukarelawan apabila mengalami efek samping seperti lemas dan pusing yang dirasakan setelah mendonorkan darahnya, mereka disarankan untuk istirahat sejenak lalu diberi air teh hangat lalu apabila masih merasakan hal yang sama, sukarelawan diberikan obat.

"Setiap sukarelawan yang sudah mendonorkan darahnya  mendapatkan konsumsi berupa makanan bergizi serta buah-buahan kaya serat," imbuh salah satu panitia lainnya.

Harapan kedepannya agar lebih banyak sukarelawan yang ikut serta dalam kegiatan donor darah ini dan dukungan dari Palang Merah Indonesia (PMI) juga dukungan dari madrasah.

Terkait