Berita

Persiapkan Siswa Hadapi UTBK, MAN 11 Jakarta Gelar Try Out Bersama Ruang Guru

Selasa, 1 Oktober 2024
blog

Jakarta (Humas MAN 11 Jakarta), – MAN 11 Jakarta mengadakan kegiatan Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi siswa kelas XII pada selasa (1/10/2024). Kegiatan ini bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar ternama, Ruang Guru, yang memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan try out tersebut. Acara ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII sebagai persiapan menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kegiatan Try Out UTBK ini dirancang untuk memberikan gambaran nyata mengenai format soal UTBK serta mengukur sejauh mana kesiapan akademik siswa. Materi yang diujikan mencakup kemampuan kuantitatif, literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta penalaran umum. Selain itu, para siswa juga mendapatkan penilaian mendetail dari Ruang Guru sebagai evaluasi hasil try out, yang diharapkan membantu siswa dalam memperbaiki kelemahan masing-masing.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Ishak, menyampaikan bahwa kegiatan try out ini merupakan bagian dari strategi madrasah dalam mempersiapkan siswa agar lebih siap dan percaya diri menghadapi UTBK.

 "Kami berusaha memberikan fasilitas terbaik kepada siswa melalui try out ini, agar mereka dapat terbiasa dengan format ujian UTBK dan dapat mengevaluasi hasilnya secara mandiri, kami berharap ini dapat membantu meningkatkan peluang siswa untuk lolos seleksi PTN," ujar Ishak.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya simulasi yang realistis dan berkualitas dari Ruang Guru. Mereka juga merasa lebih paham tentang jenis soal yang akan dihadapi dan cara mengatur waktu dalam pengerjaannya. Hal ini diharapkan akan menjadi modal berharga bagi para siswa dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Salah satu siswa kelas XII, Rahman, menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan try out ini.

 "Saya merasa sangat terbantu dengan try out ini, terutama karena soalnya benar-benar sesuai dengan yang saya bayangkan. Harapan saya, setelah mengikuti try out ini, saya bisa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi UTBK yang sebenarnya dan saya juga berharap dapat lolos seleksi PTN dan meraih cita-cita saya," ungkap Rahman.

Selain sebagai simulasi ujian, try out ini juga memberikan motivasi tambahan bagi siswa untuk lebih serius dalam mempersiapkan diri. Dengan adanya evaluasi hasil try out yang detail, siswa dapat mengetahui area yang masih perlu ditingkatkan dan fokus pada strategi belajar yang lebih efektif. Kegiatan try out bersama Ruang Guru diharapkan menjadi bagian dari upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu siswa meraih prestasi terbaik.

“Melalui kegiatan ini, MAN 11 Jakarta berharap agar para siswa dapat memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum UTBK dengan optimal, serta lebih termotivasi untuk belajar dengan giat dan membantu siswa meraih prestasi terbaik,” tutup ishak.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor