Berita

Perkuat Pendidikan Karakter, Pesdik MTsN 32 Jakarta Outing Class di Pondok Pesantren Nurul Huda, Bekasi

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bekasi (Humas MTsN 32 Jakarta) - Mengisi liburan semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, peserta didik kelas VII MTs Negeri 32 Jakarta Selatan mengikuti kegiatan outing class di pondok pesantren modern Nurul Huda, Bekasi, Jawa Barat, 23 - 29 Desember 2018.

Kegiatan 'nyantri' ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan MTsN 32 Jakarta bertujuan untuk menanamkan jiwa santri bagi peserta didik. Achmad Hidayat selaku penanggung jawab mengatakan, Meskipun hanya sepekan, namun semoga saja 'jiwa santri' yang ditanamkan dapat terus melekat dimanapun dan sampai kapanpun.

" Jiwa santri yang dimaksud adalah kemandirian, tanggung jawab, peduli terhadap lingkungan dan pengabdian," ujarnya.

Selama sepekan, sebanyak 175 orang peserta didik MTsN 32 Jakarta ditempa dengan berbagai ilmu keagamaan dan pembiasaan yang berlaku sebagai mana diterapkan di pondok pesantren sehari-hari. Adapun guru pengajar (asatidz) dan pembimbing (mudabir) berasal dari pondok pesantren modern Nurul Huda.

Mudir ma'had (kepala) pondok pesantren modern Nurul Huda, KH. Athok Romli Musthofa menyambut baik program kerjasama antara lembaga yang dipimpinnya dan pihak MTsN 32 Jakarta. "Tahun ini adalah tahun ke-2 di mana pondok kami dipercaya pihak MTsN 32 Jakarta untuk melaksanakan program outing class. Tentunya saya merasa bersyukur atas kepercayaan ini dan semoga bermanfaat bagi kedua lembaga." Tuturnya.

Selama mengikuti kegiatan outing class di pondok pesantren modern Nurul Huda, santri MTsN 32 mendapat pembelajaran sebagai mana Materi yang diajarkan pihak pondok ke santrinya. Kajian akhlak, fiqih, tafsir, dan tahfiz, serta beberapa materi tambahan lain. Aktifitas pendukung lainnya adalah olahraga, cross country serta renang. Di malam perpisahan, digelar kegiatan pentas seni dan diakhiri dengan seremoni pelepasan.

Setelah mengikuti kegiatan selama sepekan, salah satu peserta, Muhammad Shofwan mengatakan, cukup menyenangkan, meskipun kegiatan sangat padat dan melelahkan. Kita dipaksa bangun jam 3 pagi untuk tahajud dan dilanjutkan kegiatan sampai jam 10 malam.

" Senang juga sih ada hiburan ke water kingdom nya untuk melepas lelah." Ungkapnya.

Program outing class pondok pesantren MTsN 32 Jakarta pada tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun ke 8 berkat kerjasama dengan pihak komite madrasah. Ketua komite, Edi Setiadi mengatakan, program outing class di pondok pesantren ini merupakan salah satu program yang memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta didik dalam menentukan pilihannya bersekolah di MTsN 32 Jakarta.

" Karena itu saya berharap program ini terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi (mutunya/red.)." harapnya.

Kepala MTsN 32 Jakarta, Hj. Makiyah mengatakan, program outing class pondok pesantren merupakan upaya kita bersama untuk membentuk putera-puteri kita menjadi orang yang berjiwa santri, yakni beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan indikator melaksanakan shalat wajib dan sunnah, puasa wajib dan sunnah, serta berbakti kepada kedua orang tua dan guru.

Sedangkan pengawas madrasah, H. Shadiqin, menyambut baik program outing class yang beliau kunjungi langsung ke pondok pesantren modern Nurul Huda, Bekasi ini.


"Saya merasa bersyukur MTsN 32 dapat menyelenggarakan kegiatan yang memang sangat dibutuhkan bagi peserta didik ini. Pengenalan secara langsung dunia pondok pesantren bagi peserta didik merupakan pendidikan luar sekolah yang riil dalam rangka membentuk karakter menjadikan peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia." Tegasnya. /Yyt76

 

Terkait