Berita

Peringati Hari Santri Nasional 2024: MAN 5 Jakarta Utara Gelar Upacara Bendera & Baca Sholawat Nariyah 4444 Kali

Selasa, 22 Oktober 2024
blog

Hari Santri Nasional 2024

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) --- MAN 5 Jakarta Utara merayakan Hari Santri Nasional 2024 dengan beberapa rangkaian kegiatan yang ceria, khidmat dan manfaat. Acara ini diadakan untuk menghormati peran penting santri dalam sejarah perjuangan Indonesia serta untuk memupuk nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di kalangan siswa. Selasa (22/10/2024).

 

Mengawali perayaan Hari Santri Nasional 2024, MAN 5 Jakarta Utara menggelar senam ceria bersama pada Jum’at, (18/10/2024). Rangkaian perayaan Hari Santri Nasional selanjutnya adalah Upacara Bendera dan pembacaan sholawat Nariyah massal. Rangkaian kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan siswa MAN 5 Jakarta Utara.
 

Upacara peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan di Lapangan MAN 5 Jakarta Utara. Dalam amanatnya, Kepala Madrasah, Ade Kurnia membacakan pidato dari Menteri Agama. Tema Hari Santri Nasional tahun ini adalah menyambung juang, merengkuh masa depan.  Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

 

Setelah membacakan pidato Menteri Agama, Ade Kurnia berpesan kepada seluruh peserta upacara, “Santri berasal dari kata san dan tri, san adalah matahari dan tri adalah tiga, hendaknya setiap kita memaknai Hari Santri dengan tiga nilai dasar agama, yaitu Iman, Islam dan Ikhsan”, ungkapnya.

 

Setelah upacara, rangkaian selanjutnya adalah pembacaan Sholawat Nariyah massal di Masjid Darul Hikmah MAN 5 Jakarta Utara. Pembacaan sholawat Nariyah yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, Ade Kurnia sebanyak 4444 kali diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Pembacaan sholawat ini dalam peringatan Hari Santri Nasional  bertujuan agar seluruh hajat civitas akademik terkabul. (ER)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor