Berita

Perbaiki Tata Kearsipan, Kanwil Kemenag DKI Segera Terapkan Aplikasi Elektronik

Rabu, 25 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Bogor (Inmas) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta akan segera menerapkan aplikasi elektronik  dalam rangka memperbaiki tata kearsipan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab saat membuka kegiatan Sosialisasi Arsiparis dan Tata Persuratan.

“Kedepannya diharapkan sudah menggunakan sistem yang terintegrasi”, ujar Kakanwil, Selasa (24/04).

Lebih lanjut Kakanwil menuturkan bahwa dengan sistem yang terintegrasi juga memungkinkan perekaman surat maupun dokumen secara elektronik.  “Kita akan menggunakan scanner untuk merekam surat maupun dokumen, dan ini dapat terkoneksi langsung dengan penyimpanan data,” kata Kakanwil dihadapan 100 peserta sosialisasi yang berasal dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

Dengan sistem terintegrasi yang akan dikembangkan, Kakanwil berharap  akan memudahkan dalam pencarian surat atau dokumen maupun penataan arsip. Aplikasi elektronik dengan sistem yang terintegrasi menurut Kakanwil juga merupakan jawaban dari kebutuhan akses yang lebih cepat dalam penyebaran informasi.

“Sekarang sudah tidak lagi menggunakan orang untuk mengantar surat atau dokumen. Cukup melalui e-mail, WhatsApp, bahkan memanfaatkan media sosial untuk mengantar surat atau dokumen,” ujar Kakanwil yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha selama empat tahun ini.

Meskipun  akan dikembangkan  sistem terintegrasi dengan aplikasi elektronik, Kakanwil juga mengingatkan bahwa para arsiparis tetap harus memperhatikan tata persuratan yang ada. “Kegiatan kearsipan ini juga bertujuan untuk mewujudkan kelancaran komunikasi antar unit kerja,”harap Kakanwil. /s.regar/ilm

  • Tags:  

Terkait