Berita

Penyuluh Kecamatan Kemayoran Memimpin Pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan

Kamis, 1 Februari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Pelaksanaan Sholat Gerhana di Masjid Akbar Kemayoran berjalan dengan khidmat pada Rabu (31/01). Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kemayoran, Ustadz Jajang Rusmana bertindak sebagai Imam Sholat dan Khatib.

 

Pelaksanaan Sholat Gerhana ini sesuai himbauan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Nomor: B-746/Kw.09.6/1/BA.00/1/2018 tanggal 24 Januari 2018 tentang Himbauan Sholat Gerhana Bulan. Adapun pelaksanaan sholat dilaksanakan pada masjid terdekat di tempat tinggalnya masing-masing.

 

Adapun gerhana bulan total tersebut terjadi sejak pukul 20:29:49 WIB dan berakhir pada pukul 22:11:11 WIB. Pelaksanaan sholat gerhana merupakan sunnah muakkadah sebagaimana penjelasan dalam hadist Bukhori, “apabila kalian melihat (pada gerhana) maka sholatlah dan berdoalah kepada Allah,” sabda Nabi Muhammad SAW.

 

Sholat Gerhana dilaksanakan sebanyak dua rakaat, hanya saja setelah bangun dari ruku (i’tidal) tidak langsung sujud namun dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah dan surat lainnya. Baru pada i’tidal yang kedua dilanjutkan dengan sujud dan seterusnya. Demikian pula pelaksanaan sholat pada rakaat yang kedua dan diakhiri dengan salam. 

 

 

Gerhana bulan yang terjadi pada 31 Januari ini terbilang istimewa. Gerhana bulan ini akan terulang pada 150 tahun lagi. Hal ini disebabkan terjadinya tiga peristiwa dalam satu kejadian, yaitu Supermoon, Bluemoon dan Bloodmoon.  /j15

  • Tags:  

Terkait