Berita

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI AKREDITASI

Kamis, 30 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

[inhumJP] – Kepala KUA Kecamatan Sawah Besar, Drs. H. Eddy Herwanto menghadiri penilaian akreditasi Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Senin (27/11). Ia berkenan memanjatkan do’a dalam prosesi pembukaan kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara beserta jajarannya ini.

 

Dalam do’a yang dibacakan, beliau mengharapkan peningkatan kualitas puskesmas ini dapat bermanfaat dalam upaya pencegahan dan pengobatan kepada masyarakat. “Ya Allah, jadikan diri kami bermanfaat bagi masyarakat, karena sesungguhnya diri yang beruntung adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” pintanya.

 

Beliau mengharapkan kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara Puskesmas  dan KUA Kecamatan Sawah Besar terus meningkat. Setiap kali Bimbingan Perkawinan selalu melibatkan narasumber Tim Kesehatan dari Puskesmas. “Kami mengharapkan koordinasi antara Puskesmas dan KUA dapat terus terjalin,” tandasnya.

 

Puskesmas Kecamatan Sawah Besar memperoleh akreditasi dari lembaga independen yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Hal ini melengkapi jajaran puskesmas tingkat kecamatan di Jakarta Pusat yang telah terakreditasi. “Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih akan melakukan penilaian pada Desember mendatang,” ujar Bayu.

 

Dari 7 puskesmas yang telah diakreditasi, 2 mendapat akreditasi utama, 2 mendapat akreditasi paripurna, 3 masih menunggu verifikasi. Dalam tahapan penilaian akreditasi ada beberapa tingkatan, yaitu terakreditasi dasar, terakreditasi madya, terakreditasi utama dan terakreditasi paripurna.   

 

 

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen. Akreditasi ini terkait dengan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen risiko. “Saya harap puskesmas yang sudah terakreditasi dapat meningkatkan kualitas pelayanannya,” pinta Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Endah Primaningtyas.  [j15]

  • Tags:  

Terkait