Berita

Pemprov DKI Akan Sinergi Dengan Kemenag DKI Dalam Pencarian Bibit Kafilah

Ahad, 7 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Medan (Inmas) --- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ ) XXVII Tahun 2018 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Arena Kota Medan. Minggu (07/10).

Sebelum pelaksanaan dimulai, Kakanwil Kemenag DKI beserta jajaran Pemprov DKI melakukan Sapa Kafilah MTQ provinsi DKI di salah satu Hotel di Medan.

"Ini atas permohonan Menteri agama saat Rapat Koordinasi seluruh eselon 1 dan 2," ujar Kakanwil Kemenag Saiful Mujab.

Dalam sambutannya, Hendra Hidayat menyampaikan sebelum pelaksanaannya, seluruh kafilah diberikan pelatihan, sarana dan prasarana serta pemberian materi tentang cabang lomba yang diikuti.

Mengenai pencarian bibit generasi yang akan datang, Pemprov DKI akan bekerjasama dengan Kanwil Kemenag DKI.

"Kita akan mencari bibit yang ada di DKI bekerjasama dengan Kemenag DKI melalui Pondok Pesantren dan Lembaga Keagamaan lainnya," ujar Kabiro Dikmental Pemprov DKI Hendra Hidayat.

Hendra menambahkan, Pemprov DKI sebenarnya siap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), karena sarana dan prasarana telah memadai begitupun transportasi.

" Kita bisa memberikan dukungan terkait sarana dan prasarana pada MTQ Nasional, tetapi Kemenag yang menentukan MTQ Nasional selanjutnya," terangnya.

Menurut Muhammad Khalid salah satu official mengatakan bahwa hari ini ( 07/10) ada  9 cabang lomba dan diikuti 9 peserta.

" Tahfidz 10 juz, tahfidz 30 juz, Syahril, tahmil, kaligrafi dan mmq ( menulis makolah al quran), tafsir bahasa arab dan tafsir bahasa inggris," ujar Sekum LPTQ Jakarta.

Turut dihadiri Kakanwil Kemenag DKI Jakarta  Saiful Mujab, Kepala Biro Dikmental Pemprov DKI Jakarta, Ketua LPTQ DKI Jakarta, Unsur MUI, Ketua KODI, Perwakilan Matlahul Anwar, Perwakilan Persis, Perwakilan FKMT, Perwakilan Muslimat NU dan  Unsur Pelatih di Hotel Polonia - Medan. /Ik

  • Tags:  

Terkait