Berita

Pemilihan Ketua Osis MTsN 36 Jakarta, Wujud Nyata Pendidikan Demokrasi Sejak Dini

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 36 Jakarta) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 36 Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (PILKOSIS)  Periode 2019/2020, Rabu (23/10). Sebanyak 39 Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta 451 peserta didik terdaftar sebagai pemilih tetap Calon Ketua OSIS.

Syaripudin selaku Kepala MTsN 36 Jakarta mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak dan diharapkan kepada Calon Ketua Osis terpilih mampu menjadi sosok pemimpin yang memberikan contoh baik untuk sekitarnya.

 “Setiap peserta didik diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan dalam proses pemilihan Ketua OSIS ini,” ujarnya.

Tahapan pilkosis ini dimulai dari dilaksanakannya tes akademik dan psikotes untuk memilih calon ketua OSIS yang berkualitas. Dari tahap ini terpilih sebanyak lima orang kandidat, diantaranya Lydia Azzahra, I’anatunnisa, Mursid Adi Wijaya, Aditia Arraafi dan Annisa Trisna.

Selama dua hari, terhitung mulai tanggal 21-22 oktober 2019 kelima kandidat tersebut melakukan kampanye dengan cara memaparkan program unggulan masing-masing kandidat.

Sebelum kegiatan pilkosis ini, Yusup Tajiri membacakan tata tertib pelaksanaan pemungutan suara, tentunya kegiatan demokrasi ini dilakukan secara langsung, bersih, jujur dan adil.

Berdasarkan hasil perhitungan suara, Lydia Azzahra meraih 89 suara, I’anatunnisa 15 suara,  Mursid Adi Wijaya 303 suara, Aditia Arraafi 24 suara dan Annisa Trisna 26 suara. Suara tidak sah sebanyak 15 kartu suara.

Terkait