Berita

Pembinaan Moderasi Beragama dan Validasi Data Penerima Hibah Tahun 2022 pada Guru TPQ/TKQ

Jumat, 17 Desember 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas)- Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar memberikan Pembinaan Moderasi Beragama dan Validasi Data Penerima Hibah Tahun 2022 pada Guru TPQ/TKQ di Aula Kankemenag Kota Jakarta Barat pada Jumat (17/12/2021).

"Ibu Guru PAUD mempunyai potensi pahala yang sangat besar karena mempunyai salah satu dari tiga amalan yang tidak akan putus didunia akhirat yakni ilmu yang bermanfaat", ujar KaKanwil.

"Ibu Guru adalah pencetak generasi penerus bangsa penghafal Al-Qur'an dan saya bangga bersama Ibu Guru disini," tambahnya.

Dalam program prioritas Kementerian Agama RI yakni Moderasi Beragama, KaKanwil menjelaskan bagaimana moderasi beragama dijalankan di tengah masyarakat.

“Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 272 juta umat beragama, ada agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, Konghuchu, Yahudi, Baha’i, dan lain-lain belum lagi berbagai macam aliran, Pemerintah melihat potensi konflik sangat terbuka lebar oleh karena itu untuk menghindari konflik antar umat beragama Pemerintah mencoba memasukkan Moderasi Beragama kedalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dimana RPJMN ini adalah “kitab suci” bagi Kementerian/Lembaga untuk mengimplementasikannya program sesuai dengan Moderasi Beragama," jelas KaKanwil. 

Kakanwil mengungkapkan bahwa Moderasi Beragama dimana kita mengimplementasikan cara pandang sikap praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan dan esensi ajaran agama yang menghormati martabat manusia dengan cara yang adil demi keutuhan NKRI.

Sedangkan, terkait validasi data hibah bagi Guru TPQ/TKQ dibawah binaan LPPTKA-BKPRMI Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Abdul Rosyid menerangkan pada tahun 2019-2020 tercatat sebanyak 175 Guru yang lolos validasi, tahun 2020-2021 sebanyak 275 Guru dan pengajuan data tahun 2021-2022 tercatat lebih dari 300 Guru yang diajukan untuk mendapat dana hibah.

“Kami ingin melihat performa Guru TKQ/TPQ secara langsung untuk memvalidasi data akan diajukan ke Bidang Pakis Kanwil Kemenag DKI Jakarta pada bulan Februari tahun 2022”, tambahnya.

Acara dihadiri Kepala Kankemenag Kota Jakarta Barat beserta jajaran, Direktur Wilayah DKI LPPTKA-BKPRMI , para Kepala Sekolah dan Guru TPQ/TKQ dibawah binaan LPPTKA-BKPRMI se-Jakarta Barat.

  • Tags:  

Terkait