Berita

Pemantauan Pelaksanaan SKD CPNS Kemenag Tahun 2018 di GOR Kelapa Gading

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, H. Mukhobar memantau pelaksanaan tes CPNS 2018 di GOR Kelapa Gading, Minggu (11/11). Beliau didampingi anggota Tim Pemantau lainnya dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

 

Tahun 2018 ini, Kemenag menerima menerima 17.175 CPNS atau sebanyak 29% dari seluruh formasi CPNS yang ditetapkan untuk 76 kementerian dan lembaga. Jumlah itu akan diperebutkan 217.251 CPNS yang telah lolos seleksi administrasi.

 

Proporsi terbesar difokuskan pada jabatan teknis dan spesialis serta untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan. Formasi ini diperuntukkan bagi guru dan dosen, penghulu dan penyuluh agama. Pasca seleksi administrasi, para CPNS harus mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dengan CAT (Computer Assisted Test).

 

Saat SKD, peserta diminta mengerjakan 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit. Dalam 100 soal itu terbagi atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Inteligensia Umum (TIU) sebanyak 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

 

Adapun ketentuan Nilai Ambang Batas (Passing Grade) diberlakukan sebagai berikut: untuk TWK nilainya 75, TIU nilainya 80, dan TKP niainya 143. Peserta yang nilainya di bawah Passing Grade untuk setiap jenis tes tidak dapat lanjut ke tahapan berikutnya.

 

TWK diujikan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan implementasi nilai empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI meliputi sistem tata negara, sejarah perjuangan bangsa, peranan Negara di regional dan global, dan kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

 

TIU untuk menilai kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tertulis, numerik (operasi perhitungan angka dan melihat hubungan angka), berpikir logis (penalaran secara runut), serta berpikir analitis.

 

Sedangkan TKP untuk menilai integritas diri, semangat prestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan, bekerja mandiri dan tuntas, kemauan untuk belajar berkelanjutan, kerjasama kelompok, serta menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.  /j15

Terkait