Berita

Parlemen Arab Asia Kunjungi MAN 9 Jakarta Terkait Pusat Informasi Konseling Remaja

blog

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Sebanyak 40 parlemen Arab Asia mengunjungi MAN 9 Jakarta Timur untuk melihat kegiatan ekstrakurikuler PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) Expression.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan "Arab-Asian Parliamenterians Meeting to Follow-Up on ICPD25 Commitments: Addressing Youth Empowerment and Gender-Based Violence" di Jakarta yang digelar Indonesian Forum of Parliamentarian on Population and Development (IFPPD) bekerjasama dengan BKKBN dan United Nations Population Fund (UNFPA) Indonesia.

Dalam sambutannya Rifqiati menyampaikan, masa remaja merupakan masa transisi yang sangat penting bagi anak - anak untuk menyiapkan masa depannya. Dengan support dari Dinas dan Kementerian Agama, PIK-R Expression hadir memberikan banyak manfaat untuk peserta didik.

“PIK-R Expression MAN 9 telah menorehkan banyak prestasi setiap tahunnya. Di antaranya prestasi yang diraih oleh Muhammad Maldy Rais (Juara 1 Putra Duta Genre Jakarta Timur 2020), Rayhan Rizky Putra (Juara 1 Putra Duta Genre Jakarta Timur 2021), dan Alisa Azra Lathifah (Juara 3 Putri Duta Genre Jakarta Timur 2022),” ujar Kamad MAN 9 Jakarta, Kamis (02/03).

Sedangkan Yulia Dwi Rakhmawati selaku anggota Forum GenRe (Generasi Berencana) Indonesia - DKI Jakarta menyampaikan bahwa Generasi Berencana merupakan program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

“PIK-R Expression MAN 9 Jakarta Timur terpilih menjadi salah satu objek observasi bagi para anggota parlemen untuk memahami isu pemberdayaan remaja dan kekerasan berbasis gender, khususnya di sekolah Islam,” jelasnya.

Selain penyampaian mengenai Program GenRe, terdapat juga penjelasan mengenai PIK Remaja serta penjelasan mengenai Profil PIK-R Expression yang dipaparkan oleh Manda Hasifa Maharani. "PIK Remaja adalah suatu wadah kegiatan program GenRe dalam rangka penyiapan masa depan bagi remaja yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja," ujar Manda Hasifa.

Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan tanya jawab dan permainan implementasi modul “Tentang Kita: Beraksi". Tampak Anggota PIK-R Expression bersama Duta GenRe DKI Jakarta memainkan 2 jenis permainan, yaitu, Ular Tangga GenRe dan Gender vs Jenis Kelamin. UAR & Tim PIK-R./UAR & Tim PIR-R

Terkait