Berita

MTsN 3 Jakarta Selatan Gelar Pagelaran Budaya Nusantara, Rayakan Keberagaman Indonesia

blog

Jakarta (Humas MTsN 3 Jakarta) – MTsN 3 Jakarta mengadakan “Pagelaran Budaya Nusantara” di gedung Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MTsN 3 Jakarta Selatan. Acara tersebut dilaksanakan sebagai puncak aksi dari pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5RA). Acara “Pagelaran Budaya Nusantara” tersebut diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut pada 22-24 Oktober 2024.

 

Acara “Pagelaran Budaya Nusantara” dibuka Kepala MTsN 3 Jakarta Selatan, H. Muhamad Zubad, dan dihadiri oleh para wali kelas dan guru yang tergabung dalam Tim P5RA yang bertugas.

 

“Saya sangat bersyukur atas antusias dan kerja keras siswa dan siswi dalam menampilkan kesenian dan kebudayaan Indonesia dalam rangka P5RA dengan tema Bhineka Tunggal Ika.”

 

“Melalui pagelaran ini, diharapkan siswa dan siswi MTsN 3 Jakarta Selatan dapat lebih menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan persatuan yang ada di Indonesia,” tambahnya.

 

“Pagelaran Budaya Nusantara” ini disambut baik oleh siswa dan siswi MTsN 3 Jakarta Selatan dengan penuh antusias dan semangat. Hal itu tampak dari persiapan yang matang dan beragam pakaian adat dan tradisional dari 24 provinsi di Indonesia yang mereka kenakan pada saat  tampil di panggung “Pagelaran Budaya Nusantara” di Gedung PSBB.

 

Ketua Tim P5RA, Solihati, S.Pd. menjelaskan bahwa "24 provinsi yang ditampilkan disesuaikan dengan jumlah kelas yang ada di MTsN 3 Jakarta beserta lama waktu yang dibutuhkan untuk persiapan dalam melakukan pagelaran. 

 

“Pagelaran Budaya Nusantara” yang dilaksanakan adalah wujud aksi nyata dalam implementasi P5RA khususnya dalam tema Bhineka Tunggal Ika. Melalui kegiatan ini, siswa dan siswi diharapkan dapat memiliki karakter Tasamuh (Toleransi) dalam kehidupan nyata dalam sosial masyarakat di Indonesia.

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor