Berita

MTs Negeri 2 Jakarta Selatan, Ukir Prestasi Dalam Lomba Bulan Bahasa Tingkat DKI Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 2) --- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia MTS Provinsi DKI Jakarta adakan lomba keterampilan berbahasa dan bersastra antar peserta didik MTs Se DKI Jakarta  di TMII, Gedung Bayt Alqur’an  dan Museum Istiqlal.

Tema yang diusung “Menumbuhkembangkan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. Jumlah peserta sebanyak 591 siswa dari  42   MTs Negeri dan  12   MTs Swasta. Pelaksanaan lomba diawali dengan pembukaan pukul 08.00 wib oleh Kepala Kanwil Provinsi DKI Jakarta dan berakhir pada pukul 19.00 wib.

Walau cukup melelahkan menanti pengumuman siswa MTs Negeri 2 Jakarta tetap bersemangat. Salah satunya Khansa Tsabita, “Bu, kami tetap ingin menunggu, karena kami yakin kita bawa piala”, ungkapnya disela-sela istirahatnya.

Begitu halnya, pidato penutupan oleh Kabid Penmad, Nurpawaiduddin, ”Luar biasa, MGMP Bahasa Indonesia tetap semangat walau jam menunjukan pukul 19.00 wib. Kalah menang dalam perlombaan itu sudah biasa, tidak mungkin semua menjadi juara. Lomba ini menginspirasi agar siswa bisa berprestasi, sehingga kedepannya  lomba bisa diadakan ke jenjang lebih tinggi dari tingkat provinsi menjadi tingkat nasional. Bagi yang mendapat juara saya ucapkan selamat, yang belum mendapat juara harus belajar lebih semangat lagi,” ungkapnya.

Tiba pengumuman ruang Bayt Alqur’an gemuruh dengan suara riuh para peserta lomba. Mereka terlihat bahagia, senang karena nama sekolah mereka disebut sebagai juara, walau ada juga yang sedikit kecewa. MTs Negeri 2 Jakarta mendapat juara ke-3 lomba mendongeng atas nama Hessy Eka Saputra Latu siswa kelas 8 dan cipta cerpen juara Harapan 2 atas nama Ma’rifatul ‘Ain siswa kelas 8.

Program kedepan MGMP akan mengadakan Work Shop untuk meningkatkan cabang lomba, terutama lomba musikalisasi puisi yang semakin tahun semakin baik, sehingga MGMP bahasa Indonesia semakin memiliki acuan serta kriteria yang lebih lengkap lagi. (her/hd)

Terkait