Berita

Momen Hardiknas, Kakanwil Kemenag DKI Launching Buku Antologi Esai Guru Madrasah DKI Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 34) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab melaunching Buku Antologi Esai Guru Madrasah DKI Jakarta.

Buku ini hasil dari kegiatan workshop Psikowraiting bagi guru madrasah Di DKI  Jakarta yang digagas oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fikih MTs DKI Jakarta bekerjasama dengan Pesatuan Guru Nahdlatul Ulama, Kelompok Penggitan Literasi Madrasah DKI Jakarta. Rabu (29/04).

Dalam kesempatan ini, Kakanwil memberikan apresiasi atas kreatifitas dan inovasi yang yang dilakukan MGMP Fikih MTs, terutama dalam jejaring dan berpartisipasi membina guru madrasah di DKI Jakarta.

“Kami ucapakan selamat atas terbitnya buku yang bagus ini, semoga menjadi motivasi untuk karya berikutnya, tetap jaga kesehatan, bekerja dari rumah, berikan layanan terbaik untuk pendidikan anak-anak kita,” ujarnya.

Beliau juga berpesan agar tradisi menulis bagi guru madrasah di DKI Jakarta harus terus dikembangkan, karena menulis bagian perintah agama yang tersirat dalam Q.S Al-‘Alaq.

“Tradisi menulis ini sangat penting untuk dikembangkan, karena guru akan dikenang salah satunya dengan karya, terlebih dari itu, kita tahu bahwa menulis adalah merupakan perintah agama, sebagaimana dalam Q.S Al-‘Alaq,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Sugito memberikan apresiasi dan mengajak para guru madrasah di DKI Jakarta untuk terus berkreasi dan berinovasi, baik dalam aktifitas pembelajaran maupun karya tulis. Karena guru akan mulia, jika dia memiliki karya yang bermaanfaat untuk anak didik dan lingkungannya.

“Ini buku sangat bagus, inspirasi untuk terus berkarya, karena hanya dengan karena guru akan mulia, dan tentu dapat memberikan manfaat pada peserta didik saat memberikan layanan pembelajaran, terlebih dari itu, harus bermanfaat pula untuk lingkungan,” imbuhnya.

Menurut Ketua MGMP Fikih MTs DKI Jakarta bahwa buku ini merupakan tindak lanjut dari workshop psikowraiting dua bulan lalu.

“Alhamdulilah, bersama guru madrasah di DKI Jakarta, pada moment Hardiknas kami dapat launching buku Antologi Esai Guru Madrasah DKI Jakarta secara sederhana oleh Kakanwil Kemenag DKI Jakarta,” ujar Aris Adi Leksono.

Sebagai informasi, buku ini terbit berkat bimbingan Dr. H. Mukhsin Khalidah, M.Ag, seorang pakar Psikowraiting, Penggiat Literasi Nasional, selama ini aktif mendampingi semua kalangan untuk menulis buku, terutama Guru dan Siswa.

Dalam buku ini berisi 42 tulisan karya guru madrasah di DKI Jakarta, serta didahului dengan kata Pengantar dari Direktur GTK Madrasah, Prof. Dr. H. Suyitno, MA dan Prolog Ketua Umum PP PERGUNU, Prof. Dr. K.H. Asep Saifuddin Chalim, MA.

Terkait