Berita
Moderasi Beragama

Moderasi Beragama: Solusi Atasi Potensi Konflik Menjelang Pilkada Jakarta

Selasa, 24 September 2024
blog

Jakarta (Humas Kemenag DKI) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Peningkatan kapasitas aktor forum kerukunan umat beragama dalam penguatan moderasi beragama. Kegiatan ini dilaksanakan pada salah satu hotel di Jakarta.

 

Terkait layanan keagamaan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Adib menyampaikan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk membina dan merawat kerukunan keagamaan di kota Jakarta.

 

"Alhamdulillah dengan sinergitas antara Komisi VIII dan masyarakat kota Jakarta menjadi daya tarik tersendiri segi pembangunan keagamaan," ujarnya, Selasa (24/09).

 

"Suksesnya pembangunan di Jakarta akan menjadi tolok unggul bagi setiap pembangunan di kota-kota lainnya yang ada di Indonesia," lanjutnya.

 

Terkait pembangunan kerukunan umat beragama, menurut Kakanwil ada 2 (dua) hal. Pertama, mendorong pengamalan ajaran agama sehingga terbangun kenyamanan pengalaman ajaran agama di masyarakat.

 

 

"Kita berharap dapat membangun sebuah masyarakat yang toleransi, harmonis dan masyarakat yang saling menghargai satu dengan yang lain,” jelasnya.

 

Kedua, Mengidentifikasi segala bentuk potensi konflik sosial, terutama menghadapi Pilkada DKI Jakarta yang sering kali berdampak terjadinya konflik.

 

“Mari kita bangun kerukunan, jangan sampai lupa atas kepentingan tertentu yang praktis dan mengorbankan kehidupan beragama,” pungkasnya.

 

Tampak hadir, Wakil MPR RI, Muhammad Hidayat Nur Wahid, Kabag Tata Usaha, dan ormas islam.

  • Tags:  

Terkait