Berita

MIN 14 Al-Azhar Asy Syarif Susun Buku Panduan 1000 Kosakata Arab - Inggris

Rabu, 1 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 14) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Al-Azhar Asy Syarif menyusun Buku Panduan 1000 Kosakata Arab Inggris. Buku panduan 1000 Kosakata Arab Inggris tersebut merupakan buku acuan utama untuk program peningkatan kompetensi peserta didik MIN 14  dalam menguasai bahasa asing.

 

“Untuk peningkatan kompetensi peserta didik dalam penguasaan bahasa asing, perlu dirancang mekanisme yang tertera dalam buku panduan sebagai acuan utama,” ujar Hj. Haniah Mase, Kepala MIN 14 Al-Azhar Asy Syarif.

Untuk itulah Haniah kemudian membentuk Tim Penyusun Buku Panduan 1000 Kosakata Arab Inggris sejak awal Tahun Pelajaran 2017-2018. Tim yang terdiri dari guru-guru mata pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ini, akhirnya dapat menyelesaikan buku panduan tersebut awal Bulan Oktober 2017. Sejak itu, program peningkatan kompetensi penguasaan bahasa asing

 

“Peserta didik telah dibina untuk mulai menghafal kosakata Arab-Inggris, secara bertahap dan sesuai dengan petunjuk teknis tingkatan kelas yang terdapat pada buku panduan tersebut,” jelas Haniah Mase.

 

Program peningkatan kompetensi penguasaan bahasa asing dilaksanakan secara massal setiap hari Rabu pagi.  Adapun mekanisme pelaksanaann program terbagi menjadi : pekan setoran hafalan (dilaksanakan tiap pekan ke-1 dan ke-3 tiap bulannya), dan pekan pemantapan hafalan mufrodat (dilaksanakan tiap pekan ke-2 dan ke-4 tiap bulannya).

 

Rabu (01/11) lalu merupakan pekan pertama awal bulan, merupakan pekan setoran hafalan. Tampak seluruh peserta didik antusias untuk menyetorkan hafalannya. “Dari kelas I sampai kelas VI berebut untuk menyetorkan hafalan kepada wali kelas dan guru bahasa,” cerita Abdi Pemi, Wakil Kepala Bidang Penjaminan Mutu dan Humas.

Menurut Abdi,  peserta didik bukan hanya menyetor  satu atau dua kosakata. Namun,  sudah ada yang menyetorkan sampai 20  kosakata Arab – Inggris dalam satu sesi setoran.

 

“Peran serta dari para guru untuk rutin menyimak hafalan siswa merupakan pendukung utama bagi suksesnya kegiatan ini,”  kata Nurcholis Hamzain, Ketua Tim Pengembangan Bahasa Asing MIN 14 Al-Azhar Asy Syarif.

 

 

Menindaklanjuti program yang sedang berjalan, menurut Wakil Kepala Bidang Penjaminan Mutu dan Humas MIN 14 Al-Azhar Asy Syarif, akan ada program lanjutan sebagai upaya peningkatan kompetensi penguasaan bahasa asing bagi peserta didik. "Program ini akan dimaksimalkan dengan kegiatan Sertifikasi 1000 Kosakata Arab-Inggris, yang akan dimulai pada awal semester II Tp.2017-2018", jelas Abdi Pemi. (APK/ilm/ilm)




  • Tags:  

Terkait