Berita

MGMP FIKIH DKI JAKARTA GELAR FGD TELA'AH STANDART ISI DAN BUKU SISWA

Jumat, 16 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 34) --- Dalam rangka meningkatkan kualitas materi dan buku pelajaran fikih, khususnya tingkat MTs, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fikih MTs DKI Jakarta mengadakan kegiatan Focus Grup Discussion (FDG) untuk mentela'ah standar isi dari Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 165 tahun 2014 dan Buku Ajar Siswa. Kegiatan berlangsung di Auditorium Universitas Terbuka UPBJJ Jakarta, Rabu (14/11).

Ketua MGMP Fikih MTs DKI Jakarta, Aris Adi Leksono mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan FDG adalah untuk melakukan telaah kompetensi dasar dan buku pelajaran, utamanya buku siswa. Sehingga diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemangku kebijakan pendidikan madrasah untuk melakukan perbaikan dan pengembang konten pembelajaran fikih.

"Kegiatan sebenarnya merespon atas temuan guru-guru di lapangan atas konten KD dan Buku Siswa mata pelajaran fikih MTs yang kurang pas, diantaranya, KKO KD yang kurang operasional dan tidak terukur, materi yang kurang luas, sehingga tidak dapat menjawab tuntunan perkembangan anak pada usianya, ada juga materi yang tidak pas disampaikan kepada peserta didik se-usia MTs, serta yang paling fatal adalah temuan tentang konten buku fikih MTs yang salah", terang Aris

Lebih lanjut, Aris yang juga guru fikih di MTsN 34 Jakarta menegaskan bahwa kondisi demikian, temuan kesalahan konten buku, dan lainnya, tentu juga menjadi tanggung jawab bersama untuk memperbaiki atau mengembangkan.

"Atas temuan tersebut, MGMP Fikih MTs DKI Jakarta merasa perlu berpartisipasi dalam perbaikan dan pengembangan. Kita adalah bagian dari madrasah, baik dan buruknya wajah madrasah adalah tanggung jawab kita bersama. Semua tidak lain adalah untuk mewujudkan madrasah hebat, bermartabat", tegas Aris yang disambut riuh tepuk tangan peserta FGD

Kegiatan ini dibuka Kepala UT UPBJJ Jakarta, Eko Kuswandi, Dalam sambutannya, pihak UT merasa senang dan bangga dapat bekerjasama dengan madrasah.

"Kami sampaikan selamat datang kepada guru-guru madrasah. Ini adalah momen pertama kali kita bekerjasama dengan madrasah, semoga kerjasama ini dapat berlanjut, dan kita bisa saling sinergi program, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan Indoensia, khususnya di Lingkungan Madrasah", terangnya dengan nada bahagia.

Turut dihadiri, seluruh jajaran pengurus MGMP Fikih MTs DKI Jakarta, dan Pengurus MGMP Fikih MTs tingkat Kota Madya se-DKI Jakarta. Tampak pula sejumah pimpinan UT UPBJJ Jakarta, Kepala TU, Bidang Kerjasama, dan Bidang Pengembangan Bahan Ajar dan Penilaian Hasil Belajar. Ars

Terkait