Berita

Menumbuhkembangkan Akhlak Mulia Dengan Merutinkan Amal Baik

Rabu, 8 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Inmas Jakpus) -- Peserta didik MTs Jakarta Pusat melakukan Sholat Dhuha dan Tadarus Al Qur’an merupakan hal rutin yang dilakukan sebelum masuk kelas. Kegiatan yang dilaksanakan setiap jam 06.30-07.15 ini upaya menumbuhkembangkan siswa berakhlakul karimah.  

 

Kepala MTs Jakarta Pusat, Ade Tajudin, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini telah menjadi kebijakan pihak sekolah sebab banyak dirasakan manfaatnya. “Membiasakan siswa melakukan amalan yang baik,” jelasnya merupakan upaya yang tidak dirasakan secara langsung dampaknya melainkan nanti sepuluh tahun kemudian bahkan lebih.

 

Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam kitab Al Madarij menjelaskan, akhlak mulia itu berdiri di atas empat pilar, yakni kesabaran, keberanian, keadilan dan kesucian. Sifat selalu menjaga kesucian diri, mendorong seseorang tidak tergelincir pada perbuatan yang merendahkan martabatnya. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak sholat sunnah dan tadarus Al Qur’an.

 

Peserta didik MTs Jakarta Pusat kian disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif, antara lain mengikuti LDKS, Manasik Haji, Seminar Wawasan Kebangsaan, Gebyar Pentas Seni, dan sejenisnya. “Amat perlu siswa disibukkan dengan hal-hal positif,” tutupnya. /j15/fh.

  • Tags:  

Terkait