Berita

Menciptakan Para Medalist yang Kompeten di Era Millenial

Kamis, 7 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9) --- Nada Nadifah, salah seorang siswi dari MAN 9 Jakarta mengikuti acara pembinaan pra OSK (Olimpiade Sains Kota) di salah satu hotel di Jakarta. Pembinaan pra OSK ini diselenggarakan oleh Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI). Kamis (24/01)

“Pembinaan bertujuan untuk memberi pembekalan kepada siswa/i yang akan mengikuti OSK 2019 pada 28 Februari mendatang juga menjadi sarana untuk mengukur kemampuan mereka sebelum ajang perlombaan tersebut dilaksanakan,” ujar Edison,

Pembinaan dilaksanakan selama lima hari, 24 - 28 Februari 2019, dengan diikuti oleh sekitar 70 siswa/i dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA di seluruh indonesia.

Donald Tambunan, pimpinan Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI), menyampaikan beberapa pendapatnya tentang perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia serta motivasi bagi para peserta olimpiade.

"Saya sangat mendukung adanya program pembinaan ini, agar peserta dapat menyalurkan bakat mereka. Saya berharap para siswa/i bisa meningkatkan kompetensi mereka di bidangnya  masing-masing," paparnya.

Sedangkan Narasumber David Sipayung, salah seorang mentor dari LOPI, pembina bidang Fisika berbagi cerita, diselingi dengan candaan tentang kiat-kiat dalam mengerjakan soal olimpiade.

“Setelah pembukaan berakhir, para peserta diberikan waktu untuk ber istirahat untuk mempersiapkan pre test yaitu, tes awal untuk menguji kemampuan peserta sebelum diadakannya proses pembinaan,” tutur Nada, peserta pembinaan dari MAN 9.

“Di sela pembinaan, kami diberi waktu untuk bersantai, berolahraga, atau berjalan-jalan di sekitaran pusat kota Jakarta pukul 06.00-09.30. Setelah itu dilanjut dengan pembinaan seperti biasanya,” jelas Nada. “Keesokannya, setelah mandi dan makan pagi, dilaksanakan post test kemudian penutupan dan pemberian sertifikat kepada para peserta pembinaan,” tambahnya.

Dengan mengikuti pembinaan ini, diharapkan MAN 9 dapat menciptakan kader-kader medalist yang lebih berkualitas dan lebih kompeten di bidangnya, sesuai dengan motto MAN 9 yaitu, Prestasi, Harga Diri, Mengukir Prestasi, Jati Diri. /nd

Terkait