Berita

Menag : Terima Kasih Penggalang Madrasah DKI Jakarta

Rabu, 20 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
menyampaikan Terima kasih atas partisipasi para penggalang dari Madrasah Tsanawiyah Negeri seluruh warga DKI Jakarta yang ikut serta dalam Pembukaan Perkemahan Pramuka Penggalang Ma'arif NU Nasional (Pergamanas) II Tahun 2019 di Perkemahan Pramuka Cibubur.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap anggota Pramuka Penggalang Nahdhatul Ulama menjadi barisan terdepan untuk menangkal ekstrimisme dan radikalisme.

“Adik-adik Pramuka NU harus menjadi yang terdepan untuk menjaga NKRI,” pesan Menag, Rabu (20/02).

Menurut Menag, saat ini generasi muda merupakan sasaran empuk bagi jaringan ekstrimisme agama. Mereka yang saat ini berada di golongan usia sekolah menjadi sasaran jaringan ekstrimisme dan radikalisme untuk  menyebarkan kebencian dan permusuhan kepada mereka yang berbeda agama. Padahal, harus disadari bahwa Indonesia merupakan bangsa yang dibangun dalam bingkai kebhinekaan bahasa dan agama. 

Di sinilah menurut Menag, santri Pramuka Ma’arif NU harus mengambil tempat. “Inilah saatnya membumikan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka dalam konteks tantangan zaman yang terus berubah,” kata Menag.

Menag juga berharap, Gerakan Pramuka di madrasah dan sekolah binaan LP Ma’arif NU dapat menjadi kawah candradimuka kepemimpinan nasional. “Saya berharap adik-adik penggalang mendapatkan pengalaman, pendidikan, pelatihan yang bermanfaat dalam pengembangan kepribadian dan bakat kepemimpinan,” ujar Menag.

Pembukaan Pergamanas II ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Menag Lukman Saifuddin, Menpora Imam Nachrawi, Ketua LP Ma’arif NU Arifin Junaidi,  Deputi Pengembangan Kepemudaan Kemenpora Asrorun Niam, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab,serta beberapa pengurus Kwarda DKI Jakarta.

Sedangkan Menurut Ketua LP Ma’arif NU  Arifin Junaidi Pembukaan Pergamanas II dihadiri oleh 6.000 Pramuka NU  dari Sabang sampai Merauke dan 10 ribu Pramuka Penggalang dan Penegak dari Madrasah se-DKI Jakarta. Pergamanas II kali ini, mengusung tema Pramuka Aswaja Menuju Generasi Emas 2030, dengan moto Ceria, Kreatif, dan Inovatif. /Ik

  • Tags:  

Terkait