Berita

Memotivasi Siswa Kelas XII Melalui Kegiatan Expo Pendidikan

Jumat, 10 Januari 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 10) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta Nurlaelah menyampaikan tujuan kegiatan Expo madrasah untuk memberikan fasilitas pada peserta didik dalam persiapan masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan Expo pendidikan pada PTN dan PTS.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui keunggulan dan beasiswa yang diberikan PTN dan PTS, sehingga harus dimanfaatkan siswa mengenai informasi dari berbagai PTN dan PTS yang ikut serta,” ujarnya dihadapan 179 peserta didik.

Hal senada juga disampaikan ketua pelaksana, Titin Mulyati bahwa kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat memperoleh banyak informasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Kali ini kami buat sedikit berbeda dari tahun sebelumnya agar para siswa lebih termotivasi lagi dalam belajar untuk bisa mewujudkan cita-citanya,” ujarnya saat acara pembukaan.

Beliau menambahkan, kegiatan Expo Pendidikan tahun ini melibatkan 8 perguruan tinggi swasta di Jakarta yaitu Universitas Budi Luhur, Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Mercu Buana, UHAMKA, USNI, Universitas Al Azhar, Universitas TriSakti, Universitas Esa Unggul.

Serta 4 perguruan tinggi kedinasan untuk yaitu STTN (Sekolah Tinggi Tenaga Nuklir), STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Kemasyarakatan.

Dalam kegiatan ini, Muhammad Adam Fathurrahman merasa terkesan dan senang mengikuti acara tersebut, karena telah memberi pengetahuan mengenai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Terutama saat menyaksikan presentasi Sekolah Penerbangan Indonesia yang sekarang sudah berganti nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia Curug( PPIC).

“Saya berharap bisa lulus seleksi saat ikut ujian masuk perguruan tersebut. Sekaligus mencoba mencari perguruan tinggi swasta yang tepat apabila nasibnya belum bisa diterima di perguruan tingg negeri yang diinginkan,” imbuh peserta didik kelas XII MIA 1.

Menurut salah satu tenaga pendidik, kegiatan expo ini sangat bagus untuk memfasilitasi para siswa dalam mengenalkan perguruan tinggi swasta dan negeri sehingga siswa termotivasi untuk lebih giat dalam belajar.

“Sehingga peserta didik dapat memiliki gambaran perguruan tinggi mana yang akan mereka pilih. Dan kedepannya kegiatannya dapat ditingkatkan terutama mengundang perguruan tinggi swasta yang bervariasi dan ditambah presentasi perguruan tinggi negerinya,” jelas Nusuroh.

“Semoga siswa kita lebih banyak lagi di terima di perguruan tinggi negeri, Aamiin,” harapnya. /TM

Terkait