Berita

Mawaddah Warohmah Diwujudkan Saling Memberi dan Menerima Kebaikan

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (InmasJP) – Kepala KUA Johar Baru, H. Endang Munawar memberikan arahan kepada 30 pasang calon pengantin dalam acara Bimbingan Pengantin, Rabu (12/12). Ia menyampaikan materi didampingi oleh para Penghulu dan Penyuluh Agama Islam. 

Dalam arahannya, ia berharap setelah mengikuti kegiatan para calon pengantin dapat mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah sehingga terbentuklah keluarga yang kokoh, tangguh dan berkualitas. 

“Sakinah dalam keluarga dimaknai sebagai kedamaian hati, tenang, tentram bersama-sama dengan pasangannya,” jelasnya. Ia mengutip Qs Ar Ruum ayat 21 yang artinya, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya cenderung dan merasa tentram kepadanya”. 

Sakinah dalam keluarga diwujudkan dengan adanya mawaddah warohmah, yakni rasa cinta kepada diri sendiri dan rasa cinta untuk membahagiakan pasangannya. Wujudnya adalah saling mau memberi dan mau menerima pada sesuatu yang baik dan pada hal yang mendatangkan kebaikan.

Hakikatnya, amal sholeh terbagi atas urusan akhirat seperti sholat, puasa, zakat dan sebagainya serta urusan duniawi seperti mengucapkan salam kala bertemu sesama muslim, mendamaikan muslim yang sedang berkonflik dan sebagainya. /j15

 

Binwin Johar Baru

Terkait