Berita

MAN 14 Jakarta Juara 1 Poster Digital "Go Green"

Rabu, 25 September 2024
blog

Poster digital MAN 14 Jakarta

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Nefertiti Abelia Khadijah (XI-10) Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta berhasil meraih juara 1 lomba poster digital tingkat nasional pada kegiatan CLIFEST (Recyling Action For Beloved Earth) mengalahkan pesaingnya MAN 4 Bantul Yogyakarta dan SMAN 53 Jakarta di SMAN 5 Bekasi pada Ahad (15/9/2024).

 

Nefertiti mengambil tema "Go Green" yang merupakan gerakan untuk mengurangi dampak negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan alam. Gerakan ini merupakan upaya untuk merawat bumi yang semakin rusak akibat berbagai perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.

 

Untuk informasi, poster digital adalah karya desain grafis berisi gambar dan huruf yang dibuat dengan komputer, atau dibuat dengan manual lalu dipindai (scan) atau difoto agar berwujud digital.

 

Digitalisasi poster ini bertujuan untuk mempercepat, mempermudah dan mengurangi biaya pencetakan. Poster juga merupakan media visual yang dapat menarik perhatian audiens target, menyampaikan informasi penting dan meninggalkan kesan yang mendalam.

 

Menurut Nefertiti poster digital akan dapat dilihat melalui layar ponsel, maka yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran dan resolusi gambar.

 

“Semoga poster ini mampu menyampaikan informasi dan menghimbau masyarakat terutama generasi muda untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan alam”, tutur Nefertiti.

 

“Setidaknya, ada dua hal penting yang mempengaruhi kekuatan poster digital yaitu desain dan kata-kata. Desain berkaitan dengan visualisasi poster yang dapat menarik penglihatan orang lain”, ujar Muhammad Ishak yang merupakan guru seni rupa MAN 14 Jakarta.

 

“Selamat dan sukses untuk Nefertiti, ditunggu karya terbaik kamu berikutnya”, tambahnya./stw

Terkait