Berita

MAN 13 Jakarta Peringati Hari Sumpah Pemuda

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 13) --- Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta laksanakan upacara bendera peringati hari sumpah pemuda (29/10/18). Petugas pelaksana, XI MIPA 2. Turut diikuti seluruh civitas akademika Man 13 Jakarta.

”Sumpah Pemuda yang kita peringati sekarang ini merupakan tonggak perjuangan bangsa kita untuk bersatu melawan penjajah,” demikian pidato awal Suro Heryawati selaku pembina upacara. Sumpah pemuda sebagai titik awal lahirnya sebuah bangsa, yaitu bangsa Indonesia.  

Menurut Suro, apa yang telah dilakukan oleh para pemuda pendahulu kita sangat penting untuk diteladani, mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan banyak menentukan nasib bangsa ini. Oleh karena itu sebagai pemuda generasi penerus bangsa harus meneruskan semangat perjuangan mereka. Saat ini perjuangan tidak perlu mengangkat senjata, “ dengan cara berprestasi dibidangnya masing-masing itu juga merupakan bentuk perjuangan dalam mengisi kemerdekaan,” tambahnya. Mengutip pidato Soekarno Presiden Indonesia pertama “ beri aku 10 pemuda, maka aku akan mengguncang dunia,” kutipnya. Sebagai penutup beliau menyampaikan ciri-ciri pemuda yang dipuji Allah SWT dalam Surah Al-Kahfi ayat 13-14.

Walaupun berbeda suku, berbeda pemikiran namun tetap satu, yaitu Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, para pemuda harus selalu menjaga persatuan kesatuan dan mencintai tanah airnya. “Kita boleh tidak sama tetapi harus bisa bekerja sama,”. (Rh)

Terkait