Berita

KSM Kota Jakarta Selatan

Ahad, 13 Mei 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 3 Jakarta) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan Komarudin didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah beserta jajaran berikan arahan siswa tingkat Tsanawiyah/Pertama yang mengikuti seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kab/Kota di halaman MTsN 3 Jakarta, Sabtu(12/05).

 

"Pagi hari ini serentak (Nasional) pada pukul 08.00 seluruh Madrasah gelar seleksi KSM tingkat Kab/Kota", kata Komarudin.

 

Sebanyak 224 peserta se Jakarta Selatan terdiri dari tingkat MI/SD 41 orang, MTs/SMP 71 orang dan MA/SMA 112 orang mengikuti seleksi KSM tingkat Kab/Kota.

 

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah, selain Matematika dan IPA, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) juga dilombakan.

 

"Melalui KSM, saya ingin mutu di Pendidikan di Madrasah dapat ditingkatkan dan ilmu sains dapat dikuasai sehingga anak-anak Madrasah dapat bersaing pada anak-anak sekolah umum"

 

"anak-anak Madrasah tidak boleh ragu, tidak percaya diri, insya Allah dan yakin pasti berhasil", tutur Komarudin didepan seluruh peserta yang turut dihadiri seluruh Kepala  Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, perwakilan pengawas dan perwakilan orang tua anak.

 

Penguasaan matematika di madrasah tidak hanya sekedar ilmu menghitung tetapi sudah dapat menentukan dalam konsep ilmu faroid (pembagian waris)", tutur Komarudin.

 

Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), mata pelajaran yang dilombakan adalah matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 

 

Sedangkan tingkat Madrasah Aliyah (MA), bidang studinya mencakup matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi. Untuk KSM kabupaten/kota, lomba berupa tes tertulis berbasis kertas pensil atau paper based test (PBT) sedangkan untuk KSM provinsi sudah berbasis komputer atau CBT

 

KSM Tingkat Provinsi akan diselenggarakan pada 25 Juni 2018 dan KSM Nasional akan diselenggan di Kota Bengkulu, 17-28 September 2018.

 

Kompetisi ini juga terbuka bagi siswa MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Siswa yang ingin mendaftar dapat mengunjungi https://ksm.kemenag.go.id/

  • Tags:  

Terkait