Berita

Kiat Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah Walbarokah

Kamis, 22 Maret 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Kecamatan Kemayoran, H. Sukana memberikan arahan kepada peserta Kursus Calon Pengantin, Rabu (21/03). Materi yang disampaikan ialah mengenai kiat-kiat mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah walbarokah. Setelahnya, Kepala Puskesmas Kemayoran memberikan materi mengenai penjagaan kesehatan alat reproduksi dan PPAPP Kemayoran mengenai pendidikan pada anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak.

 

“Bagaimana mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warohmah serta senantiasa mendapat barokah Allah SWT?” tanya beliau kepada 20 orang peserta Suscatin siang itu. Untuk dapat mewujudkannya perlu melalui proses yang panjang dan pengorbanan yang besar, antara lain:

1.    Pilih pasangan yang sholeh atau sholehah, yakni taat menjalankan perintah Allah SWT dan sunnah Rosulullah SAW.

2.    Pilihlah pasangan dengan mengutamakan keimanan dan ketaqwaannya dari pada kecantikannya, kekayaannya, atau kedudukannya.

3.    Pilihlah pasangan dari keturunan keluarga yang terjaga kehormatan dan nasabnya.

4.    Niatkan saat menikah untuk beribadah kepada Allah SWT dan untuk menghindari hubungan yang dilarang Allah SWT.

 

Suami berusaha menjalankan kewajibannya sebagai seorang suami dengan dorongan iman, cinta, dan ibadah. Seperti memberi nafkah, memberi keamanan, memberikan didikan islami pada anak istrinya, memberikan sandang, pangan, papan yang halal, menjadi pemimpin keluarga yang mampu mengajak anggota keluaganya menuju ridho Allah dan surga-Nya serta dapat menyelamatkan keluarganya dari siksa api neraka.

 

Istri berusaha menjalankan kewajibannya sebagai istri dengan dorongan ibadah dan berharap ridho Allah. Seperti melayani suami, mendidik putra-putrinya tentang agama Islam dan ilmu pengetahuan, mendidik mereka dengan akhlak yang mulia, menjaga kehormatan keluarga, memelihara harta suaminya, dan membahagiakan suaminya.

 

“Yang tidak kalah penting, berkomitmen menempuh perjalanan rumah tangga untuk selalu bersama dalam mengarungi badai dan gelombang kehidupan,” tandasnya.  /j15

 

 

 

  • Tags:  

Terkait