Berita

Keputrian MTsN 39 Adakan Tutorial Hijab Syar’i Kekinian

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTs N 39) --- Bidang keagamaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 39 Jakarta hari ini (10/5) kembali mengadakan pembinaan keagamaan yang bersifat mingguan untuk siswa putri yang disebut kegiatan keputrian. Kegiatan ini yang dilaksanakan pada saat siswa putra melaksankan shalat Jum’at.

Menurut Suratmy yang merupakan Pembina Keagamaan Putri MTs N 39, tujuan ini untuk memberi bekal wawasan keislaman berkaitan dengan perempuan, baik terkait dengan ibadah maupun pergaulan sosial.

"Kegiatan keputrian hari ini membahas pentingnya hijab dalam pergaulan dan model hijab syar’i di tengah perkembangan mode pakaian," ujarnya.

Sedangkan Leela Haznia menekankan pentingnya berhijab atau berpakaian Islami bagi siswi madrasah dimanapun dan kapanpun. Dan tidak mempertontonkan aurat kepada bukan muhrim berupa hijab merupakan ajaran Islam dalam pergaulan.

Persoalannya, menurut Leela, pergaulan saat ini juga dipengaruhi oleh perkembangan mode pakaian yang terus berubah, termasuk mode hijab.  Ada semacam sindiran di masyarakat bahwa kalo tidak mengikuti mode pakaian yang bersifat “gaul” dianggap tradisional atau tidak up to date terhadap perkembangan jaman.

"Inilah pentingnya pembekalan bagi siswi madrasah agar bisa “gaul” namun tetap syar’I, khususnya dalam berhijab," ujarnya dalam memberikan materi.

Dalam pandangan Leela, hijab atau yang kadang disebut kerudung atau jilbab pun mengalami perubahan banyak mode. Model hijab lawas adalah model segi empat dan bergo. Perubahan mode pakaian masa kini yang menghendaki serba modis yang identik dengan “new”,  “unik”, “style” dan “comfort”, membuat pakaian hijab harus menyesuaikan.

"Disinilah kemudian dikenal model hijab bermacam macam, seperti model pashmina, long scraft, model cape, syiria, serta hoody," imbuhnya.

Leela menambahkan, perlu dikenalkan kepada siswa sehingga bisa menjadi alternative berpakaian yang gaul namun tetap syar’i. Sehingga siswa madrasah bisa tampil gaul layaknya remaja masa kini namun nuansa syar’i atau Islaminya tetap terlihat kuat.

Selain materi hijab syar’i kekinian, kegiatan keputrian hari ini menjadi menarik karena  adanya tutorial hijab syar’I  model pashmina dan hoody.

Leela sebagai pemateri sekaligus bertindak sebagai model dan pemandu bagi siswa untuk mendemokan pemakaian hijab syar’I kekinian. Adanya tutorial hijab syar’I kekinian menjadikan para siswa semakin antusias. Nampaknya ke depan perlu ada kegiatan tutorial serupa bagi siswi sehingga kegiatan keputrian semakin menarik. AR

Terkait