Berita

Kepala MAN 19 Jakarta Terima 12 Orang Mahasiswa PPL Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Jakarta

Kamis, 21 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 19 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta menerima 12 mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan 2018/2019 dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) UIN Syarif Hidayatullah. Senin (18/02).

Sedangkan Kepala MAN 19 Jakarta Yasin mewajibkan para peserta PPL ini untuk ikuti aturan dan disiplin serta kegiatan madrasah, seperti : pengajian rutin.

Beliau berharap para peserta PPG ini dapat menggali yang ada, dan dapat membangun motivasi dan kreatifitas siswa. Kenali karakter guru, siswa  dan lembaga.

Yasin juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pihak UIN untuk menjadikan MAN 19 Jakarta sebagai salah satu madrasah yang dijadikan tempat PPL bagi mahasiswa PPG ini.

“Baru kali ini MAN 19 Jakarta diminta untuk menjadi partner dalam PPG ini.” Jelas Yasin di akhir sambutannya.

Menurut Tanendi, salah seorang dosen pembimbing yang mewakili pihak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bahwa PPL ini akan dilaksanakan selama 1 bulan yaitu sampai bulan Maret 2019. Ada 3 mata pelajaran yang diampu pada PPL ini yaitu: fiqih, aqidah akhlaq dan SKI. Praktik mengajar dan PTK yang berkaitan dengan metode pembelajaranlah yang akan dipraktikan dalam PPL ini.

“Proses ini sebenarnya sudah dimulai dari bulan Desember di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dan Proses PPG ini terkait dengan Kemenristekdikti, UIN, dan Kementerian Agama," ujarnya.

Menurut Laily Isna Wijati, salah seorang mahasiswa PPG yang berasal dari MTs. Fajrul Hidayah, Lombok Tengah, menyatakan bahwa banyak ilmu yang didapat, seperti metode dan model pembelajaran serta RPP terbaru.

“Kami diberikan materi tentang pedagogik, pendalaman materi terkait mapel yang kami ampu, peer teaching dan PTK selama di UIN sejak kegiatan ini dimulai tanggal 18 Desember 2019 yang lalu,” Kata Laily dengan semangat. 

 

 

 

Terkait