Berita

KEGIATAN MAULID NABI SEBAGAI BENTENG BAGI REMAJA ZAMAN NOW

Jumat, 19 Januari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta ( HUMAS MAN 10 ) Maulid Nabi adalah peringatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari lahirnya nabi besar kita Muhammad SAW. Tepatnya 12 Robiul Awal Nabi Muhammad lahir ke dunia untuk menyempurnakan Islam dengan berbagai perjuangan dan tantangan yang dihadapinya. Untuk itu di MAN 10 telah diselenggarakan acara Maulid Nabi pada hari Rabu (17/1/2018) ,sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta kita terhadap junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Demikian yang disampaikan oleh ketua panitia ( Resya Hanafi Maulana siswa kelas XI IIK) , saat pembukaan acara pagi itu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan kepala Madrasah Aliyah Negeri 10 ( A. Sarpandadi)  ,yang memberi pesan pada siswa bahwa kebiasaan yang baik seperti sholat Dhuha , Tadarus dan sholat zhuhur berjamaah hendaklah tetap diteruskan. Contohlah nabi besar kita dan jadikan beliau sebagai tauladan yang mesti diikuti setiap perbuatan dan langkahnya. Tetaplah untuk melestarikan budaya bersalaman bagaimanapun cara bersalaman satu sama lain berbeda. Karena yang lebih utama adalah tegur sapa diantara sesama baik terhadap orang tua, guru maupun teman sebaya. Tak lupa pula kepala madrasah menitipkan pesan untuk tetap menjaga lingkungan dan kebersihan. Agar sekolah kita terlihat asri ,rapih dan terlihat bersih.

Setelah sambutan dari kepala MAN 10, acara dilanjutkan dengan menampilkan hadroh, group nasyid dan band MAN 10, sambil menanti penceramah yang diundang datang. Dalam acara Maulid Nabi kali ini OSIS MAN 10 mengundang Ustad Zaky Mubarok , seorang ustad pemenang AKSI  Indosiar. Mengawali  ceramahnya , ustad Zaky Mubarok menyampaikan tentang cerita Mahatma Gandhi aktifis dari India pernah menyampaikan bahwa Muhammad memang manusia hebat dan sangat luar biasa namun demikian beliau masih takut pada Allah. Kemudian para siswa diajak berdiskusi tentang apa yang harus kita lakukan sebagai generasi jaman now . Remaja jaman now sudah jarang yang mengenal sosok nabinya sendiri. Sehingga mereka tidak meniru sikap nabi malah sebaliknya mereka lebih bangga meniru gaya barat dan kebarat-baratan. Disampaikan pula contoh lain oleh ustad Zaky , yaitu cerita Hasyim Azhari yang sangat hormat dan berkorban demi guru. Dengan satu harapan agar seluruh siswa MAN 10 dapat mengambil hikmahnya dan meniru perbuatan yang baik dari sosok Nabi Muhammad maupun Hasyim Ashari. Hal tersebut disampaikan ustad Zaky sambil mengakhiri ceramahnya siang itu.

Salah satu siswa yang bernama Syifa kelas XII IIK menyampaikan bahwa dia sangat terkesan dengan kegiatan Maulid kali ini . Kegiatan yang diawali dengan sholat dhuha bersama kemudian zikir dan solawat di lantunkan untuk mengingat nabi Muhammad,semua diikuti oleh seluruh siswa dan para guru. Terutama tausiah yang disampaikan oleh ustad Zaky Mubarok dengan begitu banyak pesan yang bermanfaat sehingga akan bisa menjadi contoh dan pengingat para siswa .

 

Kegiatan Maulid Nabi yang diselenggarakan MAN 10 tidak hanya mengundang seluruh siswa dan guru tapi juga mengundang siswa dari beberapa sekolah yang ada disekitar MAN 10 serta para tokoh masyarakat . (TM)

  • Tags:  

Terkait