Berita

KaKanwil Berikan Arahan Pada Bimtek Lanjutan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah

Senin, 9 Desember 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Lanjutan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, Senin (09/12).

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 85 orang yang terdiri dari unsur Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Swasta di lingkungan Kemenag Kotak Jakarta Selatan.

Kepala Madrasah harus memiliki strategi dalam mengawal mutu pendidikan di madrasah, “Strategi adalah sebuah cara yang harus dimiliki dalam mengelola madrasah,” ujar Saiful.

Menurut KaKanwil terdapat tiga strategi dalam mengelola madrasah, yaitu kreatif, koneksitas dan kolaborasi. “Inovasi sangat penting dalam mengelola madrasah. Karena kemajuan madrasah tidak lepas dari peran kreatif seluruh civitas madrasahnya,” kata KaKanwil.

Tak hanya kreatif, koneksitas juga sangat mendukung perkembangan pengelolaan madrasah. Di era digital seperti sekarang ini, harus mampu berliterasi digital dan berliterasi teknologi, “Madrasah harus mampu membangun koneksitas. Jangan menutup diri dengan literasi digital dan teknologi, karena hal ini yang membuat segala kemajuan tidak dapat diwujudkan,” imbuhnya.

“Berkolaborasi atau bekerjasama juga harus di bangun di madrasah, sehingga bukan sekedar struktural vertical tetapi juga horizontal,” ujarnya.

KaKanwil berharap madrasah di DKI Jakarta mampu bersaing di dalam hal prestasi, “Mari berkomitmen bersama dalam mengelola dan membangun madrasah hebat bermartabat,” kata Saiful.  

Turut hadir Kepala KanKemenag Kota Jakarta Selatan, Kasubag TU, Kasie Penmad, Pengawas, Perwakilan Balai Diklat dan Ketua KKM Jakarta Selatan, serta Para Kepala Madrasah Swasta di lingkungan Kemenag Kota Jakarta Selatan./s.regar

Terkait