Berita

Kakankemenag Hadiri Penyambutan Kedatangan Jemaah Haji Kloter 01 asal Kota Jakarta Barat

blog

#hajiramahlansia

Jakarta (Humas Kepulauan Seribu) -- Kepala Kankemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, H. Mawardi hadiri penyambutan kedatangan jemaah haji kloter JKG-01 asal Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta dari Arab Saudi, di gedung SG 2 UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Minggu, (23/06/2024).

 

Tampak hadir menyambut kedatangan jemaah haji, Menko PMK, Muhadjir Effendy, Biro Dikmental DKI Jakarta, Ahmad Ghozali, Plh. Sekjen Kemenag RI, Suyitno, Direktur Urais & Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Adib, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar dan jajaran serta para Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se - Jakarta/yang mewakili.

 

Dalam kesempatan ini, Plh. Sekjen Kemenag RI, Suyitno menyampaikan laporannya, Suyitno mengungkapkan bahwa tahun ini Embarkasi Jakarta Pondok Gede memberangkatkan sebanyak 25.964 jemaah dari 65 kloter. Dari jumlah tersebut, terdapat 11.264 jemaah laki-laki, 14.340 jemaah perempuan, dan 5.046 jemaah lansia. “Hingga hari ini, jumlah jemaah haji yang wafat sebanyak 25 orang,” ujarnya di Jakarta.

 

Untuk Kloter JKG 01, lanjut Suyitno, jumlah jemaah yang diberangkatkan sebanyak 393 orang, terdiri dari 168 jemaah laki-laki dan 224 jemaah perempuan. "Sebanyak 392 jemaah telah kembali ke tanah air, sementara satu orang masih dirawat di RS Saudi Germany karena stroke," tambahnya.

 

Suyitno juga mengungkapkan rasa syukur karena jemaah Kloter JKG 01 kembali ke Indonesia dengan jumlah yang sama saat keberangkatan. Suyitno juga menjelaskan bahwa Kementerian Agama telah menyiapkan layanan khusus bagi jemaah lansia dan disabilitas, “Layanan tersebut mencakup one-stop service di embarkasi, prioritas kamar dan makanan khusus lansia, serta prioritas layanan akomodasi, transportasi, dan menu khusus di Arab Saudi,” ujarnya.

 

“Untuk Kloter JKG 01, terdapat 71 jemaah lansia, terdiri dari 27 laki-laki dan 44 perempuan, serta 11 jemaah yang menggunakan kursi roda,” jelasnya.

 

Mengakhiri laporannya, Suyitno mengungkapkan "rasa bangga dan cintanya kepada para jemaah haji. Ia berdoa agar seluruh jemaah selalu mendapatkan bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT serta memperoleh haji yang mabrur. Suyitno juga memohon doa agar Kementerian Agama dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan haji di masa yang akan datang," pungkasnya.

 

Sesuai data, kloter 01 tiba di Bandara Soekarno - Hatta pukul 23.05 WIB dengan maskapai Garuda Indonesia dan nomor penerbangan GA 7410, kemudian para jemaah haji tiba di asrama haji embarkasi Jakarta pukul 01.30 WIB. Kloter 01 ini membawa jemaah haji sebanyak 392 dengan rincian 387 jamaah dan 5 petugas.

  • Tags:  

Terkait