Berita

Kader Adiwiyata MAN 16 Edukasi Pengelolaan Lingkungan Melalui Kunjungan Pameran Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Perwakilan Kader Adiwiyata MAN 16 mengunjungi stand pameran berskala Internasional  Indoplas booth Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bertempat di JIE Expo Kemayoran HALL A2. Kamis (20/9).

Nony Priany selaku guru pendamping mengatakan,  Pameran ini berisi tentang Pemberdayaan Usaha Dan Produk Daur Ulang Ramah Lingkungan Serta Pelatihan Merajut Dengan Media Kantong Plastik.

 “Dengan kunjungan ini siswa dapat memperoleh edukasi tentang pengelolaan sampah, salah satunya yaitu workshop pembuatan boneka ondel-ondel dengan bahan utama dari botol plastik bekas minuman. Selain itu, Siswa juga dapat melihat beberapa produk-produk lain yang di pamerkan dan juga dijual berupa  hasil kreasi dari olahan sampah kemasan permen, kantong plastik bekas ataupun yang lainnya.” Ujarnya.

Menurut Halimah salah satu Kader Adiwiyata, menjelaskan pembuatan tas cantik yang berasal dari kantong plastik.

“ Sebelum menjadi tas seperti, kantong plastik dirajut terlebih dahulu, dipadankan antara satu warna dengan yang lain layaknya kita sedang merajut gulungan - gulungan benang. Tidak disangka hasilnya tampak sempurna dan ternyata dapat dijual jauh lebih berharga ketimbang tumpukan plastik yang tak bermakna.

“ Sungguh semakin menginspirasi untuk mengendalikan sampah plastik,” terangnya.

Setelah mengikuti workshop pembuatan boneka ondel-ondel, rombongan berfoto bersama Plt Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat dan Kepala Seksi Bina Usaha lingkungandan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Terkait