Berita

JADWAL PEMBINAAN, WALI KELAS TEKANKAN KEDISIPLINAN DAN KETEKUNAN BELAJAR

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTs N 39) -- Senin, 5 Nopember 2018 ini adalah jadwal pembinaan kelas oleh wali kelas di MTs N 39 Jakarta. Di momen pembinaan kelas ini adalah kesempatan bagi wali kelas untuk lebih intensif melakukan pembinaan siswa di kelas yang diasuhnya.

Tentu saja sebagai guru ketika mengajar dan menyampaikan materi pelajaran bisa sekalian memberikan pembinaan secara umum di kelas manapun yang dia ajar. Namun sebagai wali kelas tanggung jawabnya lebih terfokus pada kelas tertentu yang harus diasuh, dibimbing dan di arahkan.

Kondisi hari ini MTs N 39 , siswa terlihat datang cukup disiplin, bahkan banyak di antara mereka yang datang sangat pagi sebelum bel pertama masuk kelas. Demikian juga terlihat para wali kelas datang lebih awal sehingga bias menyambut siswa asuhnya di kelas masing- masing.

Sebagian wali kelas ada juga yang melakukan pembinaan kelas di luar kelas, ada yang di dalam masjid atau di taman madrasah sehingga pembinaan kelas bisa dilakukan dalam suasana santai namun bisa mengena ke hati para siswa.

Pembinaan siswa lebih banyak ditekankan masalah akhlak, kedisiplinan atau kepatuhan pada tata tertib sekolah serta ketekunan dalam belajar. Terutama untuk kelas 9 pembinaan hari ini juga diarahkan pada kesungguhan mengikuti program PM (Pendalaman Materi) yang akan mulai dilaksanakan bulan Nopember 2018 ini, dalam rangka persiapan menghadapi ujian madrasah mendatang.

Pembinaan kelas oleh wali kelas berlangsung selama 40 menit kemudian dilanjutkan dengan jadwal belajar regular sesuai jadwal biasa. Berkat pembinaan kelas yang telah dilakukan secara rutin di MTs N 39 ini, dampaknya para siswa cukup disiplin dalam shalat berjamaan di madrasah, hormat pada guru serta tekun dalam belajar. AR

Terkait