Berita

Ingin Bahagia, Salurkan Hobimu

Selasa, 13 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Sore itu dari lantai dua gedung Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta saya memperhatikan pemandangan yang ada dibawah sana, sebenarnya saya sering melihat pemandangan itu tapi baru sore ini saya tertarik untuk memperhatikannya dengan seksama.

Ada banyak siswa dengan berbagai macam suara memenuhi lapangan MAN 14 Jakarta, anggota ekstra kurikuler  (eskul) fulsal terlihat berlatih di sebelah kanan lapangan, anggota drumband sibuk berlatih mengiringi kelas yang akan menjadi petugas upacara bendera di hari senin. Jejeran karpet hijau juga digunakan oleh ekstra kurikuler karate untuk berlatih. Suasana sore itu memang meriah karena dalam satu lapangan berbagai ekstra kurikuler berlatih bersama.

Kegiatan ekstra kurikuler memang dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar selesai, di MAN 14 sendiri memiliki lebih dari 20 eskul jadi wajar saja bila dalam satu lapangan diisi oleh lebih dari satu eskul.

Kegiatan eskul memang identik dengan kehidupan anak sekolah, bahkan beberapa ahli sepakat bahwa ikut serta dalam kegiatan eskul sangat penting untuk mendukung kemajuan akademis siswa, selain untuk menambah pengetahuan tentunya.

“Ekstra kurikuler merupakan bentuk penyaluran kesenangan diri dari peserta didik, tempat menampung rasa keingintahuan yang tinggi tentang sesuatu, bahkan menjadi proses pencarian jati diri bagi kaum muda. Eskul berperan aktif dalam mengembangkan kreatifitas siswa”, ujar Musirin Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

“Kami berharap eskul yang ada bukan hanya sekedar penyaluran hobi tapi akan lebih baik bila mampu memberikan prestasi diluar madrasah sehingga dapat mengharumkan nama madrasah”, tambah Musirin.

Setelah seharian bergelut dengan berbagai sumber belajar, kegiatan eskul dapat menghilangkan kejenuhan dan mengisi kembali semangat siswa karena eskul merupakan tempat penyaluran hobi siswa.

Hobi ternyata dapat meningkatkan hormon endorphin yang dapat mengangkat semangat dan membuat bahagia, saat kita bahagia kita cenderung untuk menyebarkan rasa yang sama disekitar kita. Ini adalah keajaiban dari hobi, jadi untuk para siswa tentukan hobi kalian, latih dan kembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat./stw

Terkait