Berita

Hikmah Buku Fondasi Keluarga Sakinah: Bacaan Mandiri Calon Pengantin

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala KUA Gambir, Alex Purnawibawa memberikan pengarahan kepada 30 pasang calon pengantin dalam acara Bimbingan Perkawinan, Senin (26/11). Para calon pengatin itu memperoleh buku Fondasi Keluarga Sakinah: Bacaan Mandiri Calon Pengantin terbitan Ditjen Bimas Islam Kemenag tahun 2017.

 

Isi buku menjelaskan bagaimana cara membangun keluarga yang kokoh dan sakinah, serta bagaimana mengelola perselisihan dan konflik yang timbul dalam keluarga. Buku ini menjadi bacaan wajib bagi calon pengantin agar terwujud fondasi perkawinan yang kokoh, tangguh, dan berkualitas serta tidak berakhir dengan perceraian.    

 

“Untuk mewujudkan keluarga sakinah, para calon pengantin dituntut mengetahui cara membangun keluarga yang kokoh, tangguh, dan berkualitas,” ujar Alex. Hal ini senada dengan tema acara “Mewujudkan Keluarga Yang Sakinah Mawaddah Warohmah serta Terbentuknya Keluarga Yang Kokoh, Tangguh dan Berkualitas”.

 

Mawaddah makna sederhana dari cinta, yaitu perasaan yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan dirinya. Dengan mawaddah, maka hatinya akan lapang, penuh dengan harapan, menjauhkan diri dari keinginan buruk, serta senantiasa menjaga rasa cinta di dalam dirinya di kala senang maupun susah.

 

Rahmah bermakna sebagai kasih sayang, yaitu perasaan yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan pasangannya. Dengan rahmah, menyebabkan seseorang akan berusaha memberikan kebaikan, kekuatan, dan kebahagiaan bagi pasangannya dengan cara yang lembut dan penuh kesabaran.

 

“Adapun wujud keduanya adalah saling memberi dan mau menerima pada segala yang baik serta segala hal yang akan membawa  kebaikan di masa depan,” tandasnya.  /j15

 

Buku Fondasi Keluarga Sakinah

Terkait