Jakarta (Humas MTsN 26 Kepulauan Seribu) -- Sepekan sudah pelaksanaan SAS (Sumatif Akhir Semester) di MTsN 26 Kepulauan Seribu. Kegiatan diselenggarakan mulai tanggal 02-06 Desember 2024. SAS berbasis CBT yang diterapkan di MTsN 26 Kepulauan Seribu menggunakan android berbasis yaitu Computer Based Test (Tes atau ujian berbasis komputer).
Veranika ketua panitia menggungkapkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mambantu kelacaran ujian SAS ini. “Terima kasih atas kerja sama semua pihak yang membantu kegiatan SAS ini, tanpa kerja sama tidak akan berjalan dengan baik”, ujarnya, beliau menambahkan bahwa setelah dilakukan Ujian utama SAS nantinya akan dilanjutkan ujian susulan SAS. Ujian susulan SAS ini untuk memberikan fasilitas kepada para siswa yang akan mengikuti ujian susulan dikarenakan pada saat ujian utama kemarin ada beberapa siswa yang mengalami sakit sehingga tidak bisa mengikuti SAS.
Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana siswa telah berkembang dalam proses belajar mereka.
Selain itu, asesmen sumatif juga bertujuan untuk memberikan umpan balik yang berguna bagi guru, siswa, dan orang tua. Hasil asesmen ini memberikan informasi yang jelas tentang area mana yang telah dikuasai siswa dengan baik dan area mana yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, hasil asesmen juga digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menentukan nilai atau grade siswa, yang kemudian menjadi landasan untuk membandingkan prestasi siswa dengan yang lainnya serta mempertimbangkan keputusan terkait kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Dengan demikian, asesmen sumatif memainkan peran penting dalam memastikan akuntabilitas dalam proses pendidikan sambil memberikan arah bagi pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. ( 11R )