Berita

Hadapi Ujian, Peserta Didik MTsN 32 Jakarta Lakukan Sungkem dan Doa Bersama

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 32 Jaksel) --- Menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah, yakni ujian akhir semester (UAS), ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN-BK), ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN-BK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 32 Jakarta lakukan sungkem kepada orang tua dan guru, Sabtu (2/3).

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi tahunan tersebut bertujuan meminta maaf kepada orang tua dan juga guru sebelum ujian. Dengan mendapatkan keikhlasan doa restu dari orang tua dan guru, para pelajar diharapkan bisa melaksanakan ujian dengan baik, lancar dan bisa bermanfaat. 

Tangisan para peserta didik seketika pecah ketika prosesi sungkeman dimulai. "Sungkeman ini dilakukan sebagai permintaan maaf para peserta didik kepada guru dan juga orang tua. Dan meminta restu agar dalam pelaksanaan ujian nasional itu bisa berjalan dengan lancar," terang Sopiyulloh, wakil bidang kesiswaan.

Kegiatan ini diawali dengan prosesi khatam Al-Quran dan doa bersama yang diikuti secara khidmat oleh peserta didik kelas IX beserta orang tua, pengurus komite dan guru MTsN 32 Jakarta.

Dalam kata sambutannya, Hj. Makiyah, kepala MTs Negeri 32 Jakarta berharap agar peserta didik memiliki persiapan yang baik guna menghadapi ujian, baik secara psikologis (mental), pengetahuan dan kesehatan (fisik). "Ibu berpesan kepada kalian agar mempersiapkan diri dengan baik agar pada saat mengikuti ujian tidak menghadapi kendala." Ujarnya.

"Semoga seluruh peserta didik MTsN 32 Jakarta tahun ini dapat lulus dengan hasil yang memuaskan dan masuk ke sekolah yang diinginkan sebagai mana juga diharapkan oleh orang tua kalian." Tambahnya.

Sementara Edi Setiadi, selaku ketua komite menyambut baik kegiatan ini. "Kami berterima kasih kepada pengurus madrasah dan dewan guru yang terus berusaha bekerja keras untuk membantu anak-anak didiknya meraih prestasi terbaik sebagai mana prestasi yang telah diukir generasi sebelumnya dengan menempatkan MTsN 32 Jakarta diposisi 3 besar MTs Negeri dengan hasil UN terbaik tingkat DKI, begitu pun prestasi bidang UAMBN." Ungkapnya. /Yyt76

Terkait