Berita

H. Rasyid: Menjadi Pramuka Penggalang yang Berakhlakul Karimah di Kemudian Hari

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakut) --- Ratusan peserta pramuka penggalang dari kalangan Siswa Madrasah Ibtidaiyah mengikuti Jambore Pramuka Madrasah Ibtidaiyah V Kecamatan Penjaringan dan Pademangan Tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 12 s.d 14 Oktober 2018 bertempat di Kempa III Putra Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur. (12/10)

Dalam sambutannya, H. A. Rasyid menyampaikan dihadapan ratusan peserta pramuka, “Semoga adik-adik menjadi pramuka penggalang yang baik dan berakhlakul karimah dikemudian hari yang bermanfaat di dalam lingkungan Masyarakat”.

Lanjut beliau, “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Jadi adik-adik adalah Jiwa-jiwa Muda yang selalu berkarya untuk memajukan bangsa dan Negara. Dan adik-adik pewaris generasi selanjutnya bangsa ini.

Ketua Panitia Ahmad Subhi mengatakan dengan mengusung tema “Pramuka Madrasah Beriman, Terampil dan Gembira”, dapat menjadikan gerakan pramuka sebagai suatu wadah pembinaan generasi bangsa yang mampu menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangan masa kini. Selain itu jambore Pramuka Madrasah Ibtidaiyah harus memiliki semangat kebersamaan, semangat gotong royong antar pramuka penggalang.

Selanjutnya Sekretaris pelaksana Mumu menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan jambore ini, sebagai sarana silaturahmi guna menjalin kebersamaan serta meningkatkan keimanan dan ketakqwaan kepada Allah SWT, serta ajang peningkatan pengetahuan dibidang kepramukaan khsususnya dilingkungan Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Penjaringan dan Pademangan.

Kegiatan jambore tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Utara H. A. Rasyid ditandai dengan pemukulan alat Drum band yakni Trio tom. Kegiatan ini diikuti oleh 28 regu putra dan 28 regu putri utusan dari MI se Kecamatan penjaringan dan Pademangan, serta pembina pendamping sebanyak 32 pembina, dengan mengikuti kegiatan lomba terdiri dari: Pionnering, Hasta Karya, LKBB, Isyarat dan Sandi, Pentas Seni; dan kegiatan non lomba: Upacara Pembukaan dan Penutupan, Sholat Berjamaah, Olahraga Bersama, Penjelajahan dan Halang Rintang, serta Api Unggun.

Tampak dihadiri oleh Kasie Pendidikan Madrasah Kemenag Jakarta Utara N. Nazliyah beserta pelaksana Pendidikan Madrasah Rakidi, Ketua KKMI Kec. Penjaringan dan Pademangan, Pengawas dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Penjaringan dan Pademangan Jakarta Utara./N/A

Terkait