Jakarta (Humas MTsN 19 Jakarta Selatan) — Dalam rangka memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep dasar kimia, Guru IPA MTsN 19 Jakarta Selatan, Tri Lestari Pudjiastuti, melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui percobaan tentang unsur, senyawa, dan campuran di ruang kelas VIII-2 pada Jum'at (16/5/2025).
Percobaan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman konkret kepada siswa mengenai perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran. Melalui pendekatan eksperimen sederhana, siswa diajak untuk mengamati langsung berbagai campuran seperti gula pasir dalam air, kopi, susu, serta berbagai bahan lainnya yang digunakan untuk menunjukkan karakteristik masing-masing zat.
“Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana, sedangkan senyawa adalah kombinasi dari dua atau lebih unsur dalam perbandingan tetap. Sementara itu, campuran merupakan gabungan dari dua atau lebih zat yang masih mempertahankan sifat aslinya,” jelas Tri Lestari saat menjelaskan materi di hadapan siswa.
Kegiatan praktikum ini juga menyoroti perbedaan antara jenis-jenis campuran, seperti larutan, suspensi, dan koloid. Dengan pendekatan observasi langsung, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi ciri khas dari masing-masing jenis campuran dan memahami penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kepala MTsN 19 Jakarta Selatan, Vera Kusmayanti, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia menilai pembelajaran berbasis eksperimen sangat efektif dalam membantu siswa memahami konsep ilmiah secara lebih mendalam dan menyenangkan.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan mampu berpikir kritis dalam membedakan berbagai jenis zat. Agar kedepannya akan semakin banyak inovasi pembelajaran seperti ini,” ujar vera.
Dengan adanya kegiatan ini, siswa MTsN 19 Jakarta Selatan tidak hanya memahami materi secara teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, serta lebih tertarik untuk mendalami dunia sains. (Humas_19-IF)