Jakarta, (Humas MAN 7 Jakarta) - Guru Biologi MAN 7 Jakarta, Nurlayla, berhasil membimbing siswa kelas X dan XI (D dan E) menyelesaikan proyek pembuatan Komik Pembelajaran Biologi. Proyek ini bertujuan mempermudah siswa dalam memahami materi Biologi yang kerap dianggap sulit jika hanya dipelajari dengan metode konvensional. Selain itu, pembuatan komik diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan sekaligus merangsang kreativitas siswa. Selasa, (24/6/2025)
Materi yang dituangkan dalam komik meliputi topik Biologi kelas X, yakni ekosistem, keanekaragaman hayati, bioteknologi, dan perubahan lingkungan. Sementara untuk kelas XI, topik yang diangkat adalah sistem peredaran darah, sistem ekskresi, sistem gerak, sistem pencernaan, serta mekanisme pertahanan tubuh. Seluruh materi dikemas dalam bentuk cerita bergambar agar lebih menarik dan mudah dipahami.
Pembuatan komik dilakukan secara berkelompok, dengan setiap kelas dibagi menjadi 6 hingga 7 kelompok. Setiap kelompok bekerja sama menyusun alur cerita, materi, dan visualisasi desain komik. Proyek ini dilaksanakan sejak minggu ketiga bulan Januari 2025 dan ditargetkan selesai pada minggu keempat bulan Mei 2025. Hasil karya dikirim melalui email untuk mendapat masukan dari guru.
Para siswa menggunakan berbagai aplikasi seperti Comic Life, Medibang Paint, dan Canva dalam membuat komik. Proses pengerjaan dilakukan di rumah maupun di sekolah, menyesuaikan waktu dan kenyamanan kelompok. Guru memberikan pendampingan terkait isi materi, desain visual, dan alur cerita, serta memberi arahan agar karya yang dihasilkan sesuai tujuan pembelajaran.
Nurlayla menjelaskan, proyek ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa yang berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, media komik dipilih sebagai upaya inovasi agar siswa lebih tertarik mempelajari Biologi. Selain itu, proyek ini menjadi wadah positif dalam menyalurkan ide kreatif siswa melalui media gambar dan cerita.
Pembagian tugas diawali dengan pembentukan kelompok. Guru kemudian memberikan penjelasan terkait proses dan waktu pengerjaan. Untuk memantau progres, guru aktif mengingatkan tahap penyelesaian kepada penanggung jawab kelompok melalui grup WhatsApp dan memastikan setiap kelompok mengikuti alur waktu yang sudah ditetapkan.
Proyek Komik Pembelajaran Biologi ini mendapat sambutan positif dari para siswa. Mereka merasa termotivasi untuk belajar sambil berkarya. Diharapkan hasil karya komik ini dapat menjadi salah satu media belajar alternatif yang digunakan dalam pembelajaran Biologi di MAN 7 Jakarta pada masa mendatang. (nk)