Berita

Gubernur Sultra: KSM dan MYRES Wujud Nyata Pemberian Pendidikan Berkualitas pada Generasi Muda

Senin, 4 September 2023
blog

Kendari (Humas) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tingkat Nasional ke-12 tahun 2023 menjadi sebuah kegiatan yang bernilai tinggi sebagai wujud nyata dari komitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda.

 

Hal demikian disampaikan Gurbernur Sulawesi Tenggara yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio saat memberikan sambutan selamat datang pada pembukaan KSM 2023 di Lapangan Balai Kota Kendari, Minggu (03/09/2023) malam. 

 

Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Agama RI yang telah menetapkan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah kegiatan KSM Tingkat Nasional ke-12 tahun 2023. Menurutnya, ini merupakan wujud kepercayaan dari pemerintah pusat terhadap Provinsi Sulawesi Tenggara, menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara. 

 

Ia menilai pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah. Melalui kompetisi ini, menurutnya, dapat memberikan kesempatan kepada siswa-siswa madrasah untuk mengeksplorasi potensi mereka dalam bidang sains dan teknologi.

 

"Sains bukanlah sekadar kumpulan teori dan fakta, tetapi sebuah cara pandang yang sistematis dan kritis terhadap dunia di sekitar kita," ujar Asrun.

 

Melalui ilmu pengetahuan, lanjutnya, kita dapat memahami fenomena alam, menemukan solusi atas berbagai tantangan, serta mengembangkan teknologi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. oleh karena itu, kompetisi ini tidak hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga tentang mengasah kemampuan berpikir analitis, kreatif, dan kolaboratif.

 

"Saya berharap, kiranya semangat persaingan sehat dan semangat belajar terus berkobar di antara para peserta," harapnya.

 

Asrun berpesan dihadapan ratusan peserta untuk menjadikan kompetisi ini sebagai panggung untuk berbagi pengetahuan, ide, dan inovasi, sekaligus membina semangat kebersamaan dan rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. 

 

"Kami yakin bahwa hasil dari usaha dan dedikasi kalian akan menjadi kontribusi berarti bagi pembangunan daerah, bangsa, dan umat," tukasnya.

 

"Semoga kita semua dapat terus berkolaborasi dan bersinergi demi menciptakan masa depan yang lebih cerah melalui pendidikan dan ilmu pengetahuan," sambungnya.

 

KSM yang diikuti para siswa madrasah mulai dari jenjang MI, MTs dan MA ini digelar di Kota Kendari Sulawesi Tenggara tanggal 3 - 7 September 2023, yang dirangkai dengan beberapa kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRS), Ekspo Hasil Riset Madrasah dan diramaikan juga berbagai Pameran Daerah.

 

"Saya ucapkan selamat berkompetisi, semoga sukses meraih prestasi tertinggi, dan semoga seluruh peserta KSM kelak menjadi cendekiawan muslim yang handal dalam iman dan pengetahuan," pungkasnya.

  • Tags:  

Terkait