Berita

E-voting, Pemilihan Ketua OSIS MTsN 14 Berbasis Teknologi

Senin, 12 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 14) - Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar. OSIS termasuk salah satu organisasi wajib disetiap sekolah. Pergantian periode OSIS biasanya satu tahun sekali yang dilaksanakan dengan metode pemilhan umum dengan cara pengambilan suara dari seluruh siswa.

Pada umumnya pemilihan ketua OSIS menggunakan kertas tetapi kali ini MTsN 14 melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS menggunakan Aplikasi E-Voting berbasis Komputer .

"Ide penyelenggaraan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS) dengan e-voting ini berawal dari coba-coba saja, kalau pemilihan sebelumnya secara manual dengan kertas itu dianggap biasa selain membuang kertas juga memakan proses yang cukup memakan waktu lama juga biaya yang membengkak," Ujar Bapak Ikhwan Budi Febrianto, S.P., guru bidang studi IPA dan mendapat tugas tambahan sebagai kepala Lab TIK
 

Menurut Endah Wahidah waka kesiswaan, sudah seharusnya MTs harus memulai dan mengawalinya dengan kegiatan intra sekolah. Dengan memanfaatkan IT yang ada,penggunaan aplikasi pemilihan ketua Osis hanyalah sebagian kecil dari pemanfaatan teknologi sesuai dengan perkembangan zamannya.Dengan menggunakan aplikasi ini, pemilu tidak lagi membutuhkan biaya yang banyak.Dari segi model sendiri, pemilihan menggunakan cara baru ini akan menjadi pemicu untuk memanfaatkan IT yang benar, dengan akurasi validasi hasil yang sangat terjamin dan data yang akurat.

Untuk mendukung kegiatan tersebut pihak sekolah menyediakan sebanyak  32 komputer yang sudah terkoneksi dengan internet. Setiap peserta didik diberikan username dan password untuk masuk dan memasukkan pilihan terhadap calon ketua sekaligus wakil OSIS. Seperti pemilu-pemilu sebelumnya seusai para peserta didik mengklik calon ketua dan wakil OSIS yang disukai, satu persatu mereka mencelupkan kelingking kirinya ke dalam bak tinta yang dipersiapkan panitia.

"Untuk kendala secara teknis, belum ada karena sebelumnya sudah ada sosialisasi ke seluruh peserta didik kalau akan digelar Pemilu OSIS secara e-voting. Seluruh peserta didik  antusias mengikuti kegiatan tersebut ada pula yang tak sabar menunggu hasilnya," tambahnya lagi.

Seluruh siswa juga begitu menikmati hal baru dalam Pemilu Ketua OSIS ini dengan penuh semangat. “Saya mengakui ini sangatlah hebat karena sebelumnya saya belum pernah melakukan pemilihan ketua OSIS menggunakan aplikasi” kata,Fajrian salah satu peserta dalam pemilihan ketua OSIS MTs N 14.


Inilah kali pertama Pemilihan Ketua OSIS secara e-voting di sekolah kami diselenggarakan dengan memanfaatkan perangkat teknologi e-voting,kami berharap ke depan akan lebih baik lagi sehingga peserta didik MTsN 14 merasa bangga mengemban pendidikan di madrasah.

 

(penulis : Eni Sugiarti)

Terkait