Berita

Dirjen Pendis: Madrasah Bangun Kemajuan Peradaban dengan Akhlak Mulia

Senin, 4 September 2023
blog

Kendari (Humas) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, M. Ali Ramdhani menegaskan bahwa kemajuan dan kemuliaan negeri hanya bisa dicapai dengan peradaban yang dibangun dengan akhlak, budi pekerti yang mulia.

 

Ia optimis bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 mampu melahirkan generasi lulusan marasah yang unggul berdaya saing dan mandiri. Kemandirian siswa madrasah ini mesti ditumbuhkan sejak dini, untuk menggapai prestasi dibingkai dengan nilai-nilai akhlak mulia. 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Ramdhani saat menyampaikan laporan pada pembukaan KSM 2023 di Lapangan Balai Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (03/09/2023) malam. 

 

"Event ini untuk menfasilitasi, menggali, menemukan dan membina bakat, minat dan prestasi murid. Kami optimis bahwa event ini mampu mewujudkan lulusan madrasah unggul berdaya saing dan berakhlak mulia menyongsong Indonesia emas, " ujar Ramdhani. 

 

Ramdhani menyebut seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, siswa madrasah dituntut untuk semakin mampu berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif dalam menyikapi permasalahan yang ada. 

 

Maka dari itu, lanjutnya, dengan mengusung tema "Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Negeri", KSM diharapkan memberikan kemandirian murid-murid madrasah untuk siap menghadapi segala perkembangan dan tantangan zaman. 

 

Kemandiran ini, kata Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, mesti ditumbuhkan sejak dini, untuk menggapai prestasi dalam kehidupan ini, agar negeri ini tetap tegak penuh kepercayaan diri dengan nilai-nilai akhlak mulia di masa mendatang. 

 

"Kemajuan dan kemuliaan negeri hanya bisa dicapai dengan peradaban yang dibangun diatas akhlak, budi pekerti yang mulia, " ucapnya. 

 

KSM sebagai kegiatan madrasah, memiliki kekhasan keislaman yang tercermin dalam materi soal-soal KSM yang diintegrasikan dengan materi agama Islam, nilai keagamaan dan bahasa arab. 

 

Dengan pola integrasi ini diharapkan berdampak pada pemahaman, cara pikir dan prilaku murid madrasah yang selalu mengintegrasikan semua aktifitas keduniaan dengan keagamaan sehingga bernilai ibadah yang berdimensi ukhrawi, demi kebahagiaan dunia sekaligus akhirat. 

 

Adapun KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa Madrasah mulai dari jenjang MI, MTs dan MA yang digelar di Kota Kendari Sulawesi Tenggara tanggal 3 - 7 September 2023, yang dirangkai dengan beberapa kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRS), Ekspo Hasil Riset Madrasah dan diramaikan juga berbagai Pameran Daerah.

  • Tags:  

Terkait