Berita

Cetak Pribadi Berkarakter, Siswa Lakukan Kegiatan Pembiasaan

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta mempunyai 20 program pembiasaan. Diantaranya, Solat Dhuha, Tadarus dan Literasi. Hal ini diungkapkan Waka Kesiswaan, Ruswanto saat diwawancarai.

“Mulai PTMT 100% kemarin, setelah melewati protokol kesehatan, siswa sesuai jadwal melakukan kegiatan pembiasaan. Sholat Dhuha dan tadarus dilakukan di masjid dan aula. Jadwal Sholat Dhuha dan tadarus, yaitu Selasa kelas X, Kamis kelas XI, dan Jumat kelas XII,” ujarnya.

Sedangkan, Pembina Rohis menuturkan siswa yang tidak mendapat jadwal, melakukan tadarus di kelas masing masing dan dipimpin oleh siswa sesuai jadwal yang telah dibuat oleh pengurus OSIS.

“Siswa yang hadir di madrasah sudah dalam kondisi berwudhu,” ujar Syaifulloh.

Selain itu, pembiasaan juga dilaksanakan pada siang hari melalui solat Dzuhur berjamaah. Dan pelaksanaannya DKM bekerjasama dengan pengurus rohis.

“Solat Dzuhur dilaksanakan di madrasah karena kegiatan belajar mengajar sudah melewati waktu Dzuhur,” imbuhnya.

Asmawati selaku Pembina rohis putri mengungkapkan siswi yang sedang udzur membaca Al Ma’tsurat bersama sama. “Siswa yang tidak mendapat jadwal Dhuha dan tadarus dapat melakukan secara mandiri saat istirahat,” imbuhnya.

Menurut Nurzanah selaku Pembina literasi, setiap Rabu siswa melakukan kegiatan literasi dengan membawa buku bacaan non pelajaran dan melaporkan melalui Google Forms.

“Diharapkan dengan melaporkan kegiatan literasinya, dapat menumbuhan pemahaman terhadap apa yang dibaca dan dapat membuat inti sari bahan bacaan,” jelasnya.

Terkait