Berita

ASN Kanwil Kementerian Agama Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Sabtu, 1 Juni 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Balai Diklat Keagamaan Jakarta dan Balai Litbang Agama Jakarta mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab. "Pancasila mampu menyatukan kita semua, sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Sabtu (01/06). 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa adalah anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia. Karena Pancasila  digali oleh para pendiri bangsa.

Memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni, setidaknya memiliki dua tujuan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. 

Kedua, peringatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. 

Lebih lanjut Kakanwil menekankan bahwa pengamalan Pancasila harus dilakukan dengan simultan. "Yang diperlukan saat ini adalah bagaimana kita mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus," tandasnya. 

Meskipun dalam suasana cuti lebaran, ribuan ASN Kemenag tampak antusias mengikuti jalannya upacara Hari Lahir Pancasila.

Turut hadir juga Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Kepala Litbang Agama, Kabag Tata Usaha, Para pejabat eselon III, Para pejabat eselon IV, para JFT dan JFU dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

Beserta seluruh JFU dan JFT dilingkungan Balai Diklat Keagamaan Jakarta dan Litbang Agama Jakarta.

Kita Indonesia, Kita Pancasila …

  • Tags:  

Terkait