Berita

Aman dan Terkendali Pelaksanaan PAS di MTSN 2 Jakarta Selatan

Jumat, 7 Desember 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 2) --- Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir semester yang berfungsi untuk memberikan evaluasi bagi peserta didik tentang pembelajaran yang dilakukan dalam satu semester berjalan.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2  Jakarta dalam pelaksanaan Penilaian Akhir  Semester (PAS)  Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 dimulai sejak tanggal 6 hingga 13 Desember 2018. Kegiatan PAS ini diikuti oleh sekitar 550  siswa kelas VII, VIII dan IX.

Adapun Materi soal merujuk pada silabus semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dan Sistem pembuatan soal bekerja sama dengan madrasah-madrasah swasta di lingkungan KKMTs 2 Jakarta, dengan proses pembagian tugas dari pembuat kisi-kisi, soal, dan telaah soal.

Sedangkan peserta didik mengerjakan soal melalui manual dengan sistem silang pada kunci jawaban atau paper Based Test.

Dalam pantauan humas, terlihat tidak ada kendala dalam pelaksanaan tes hari pertama dan di hari kedua ini. Hal ini disebabkan karena panitia sudah mengantisipasi baik keamanan, kerahasiaan soal, maupun situasi-situasi yang kurang berkenan.

Kepala Madrasah Yeni Triasih memberikan arahan pada peserta didik untuk mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh, percaya diri dengan tidak mencontek, jaga ketertiban dan kebersihan sekolah.

Menurut Swikim, siswi kelas VII-1 bahwa, penilaian akhir semester ini pada dasarnya sama dengan ulangan harian, namun saat PAS ini panitia mengkondisikan tempat duduk dicampur dengan siswa dari kelas VII, VIII, dan IX sehingga mengurangi siswa untuk tanya jawab dengan kelas separalelnya, disertai dengan pengawasan yang cukup dari bapak/ibu guru membuat rasa deg-degan juga.

Sedangkan menurut Aqila, Soal-soal di hari pertama, alhamdulillah sama dengan kisi-kisi yang diberikan oleh guru, sehingga sangat membantu kami dalam mengerjakan soal.

"Semoga kegiatan PAS ini mampu mendorong pencapaian target hasil pembelajaran di MTs Negeri 2 Jakarta Selatan khususnya dan di tingkat Provinsi DKI Jakarta  pada umumnya”, harap waka kurikulum MTs Negeri 2 Jakarta, Mas’ud.

Pengertian evaluasi itu sendiri adalah suatu usaha untuk mengukur dan sumber nilai secara objektif dari pencapaian hasil-hasil yang direncanakan sebelumnya, dimana hasil evaluasi tersebut dimaksudkan menjadi umpan balik untuk perencanaan yang akan dilakukan di depan. /her

Terkait